Kendalikan Inflasi Daerah, Polda Sulteng Gelar Pasar Murah Jelang Idul Fitri

-Utama-
oleh

PALU– Untuk meringankan beban masyarakat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah dan membantu pemerintah dalam pengendalian inflasi, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar pasar murah yang pembukaannya dilakukan oleh Wakapolda Brigjen Polisi Soeseno Noerhandoko, Kamis (4/4/2024).

Kegiatan pasar murah yang diselenggarakan di halaman depan Mapolda Sulteng itu menyiapkan puluhan komoditi bahan pokok penting yang dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 Wita.

“Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan yang penuh berkah ini, kita diajak untuk meningkatkan iman dan takwa melalui ibadah maupun kegiatan-kegiatan positif,” kata Wakapolda Sulteng dalam pembukaan Pasar Murah saat membacakan sambutan Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho.

Masih kata wakapolda, beberapa kegiatan positif telah dilakukan Polda Sulteng diantaranya lomba-lomba keagamaan, safari Ramadan dan berbagi takjil kepada masyarakat baik di masjid mapolda, polres dan polsek jajaran.

“Demikian juga pasar murah Ramadan yang kita selenggarakan pada hari ini, merupakan wujud nyata dari semangat berbagi dan kepedulian Polda Sulteng terhadap masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Soeseno Noerhandoko mengatakan, Pasar Murah Polda Sulteng ini digelar atas kerjasama dengan para distributor maupun toko dan ritel modern dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah serta pengendalian inflasi di daerah Sulteng.

“Terlebih momen seperti saat ini harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok ikut mengalami fluktuasi yang terjadi pada beberapa komoditi,” tutur Wakapolda Sulteng.

Dengan kegiatan pasar murah diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan murah dalam menjalankan ibadah Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dia juga menyebut melalui kegiatan pasar murah meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga dapat menekan gejolak harga barang kebutuhan pokok di pasaran serta untuk mengendalikan inflasi daerah.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Polisi Djoko Wienartono mengungkapkan, selain pasar murah, beberapa langkah antisipasi telah dilakukan pihaknya dalam pengendalian inflasi daerah.

Kegiatan itu sebut Djoko diantaranya pemantau harian harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok penting sebagai deteksi dini kenaikan harga dan kelangkaan barang kebutuhan pokok.

Djoko menambahkan, upaya lain yaitu dengan komunikasi publik yang baik melalui berbagai forum dan media untuk menjaga psikologis pasar agar masyarakat tetap tenang dan tidak terjadinya panic buying.

Langkah berikutnya yaitu mendorong kerjasama antar daerah untuk menjamin kemandirian pangan.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi pada kegiatan pasar Ramadan ini untuk berbelanja secara bijak, belanja sesuai kebutuhan, dan bukan karena keinginan. CAL

Komentar