Tinjau Lokasi Banjir di Sigi, Gubernur Sulteng Serahkan Bantuan Korban

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura didampingi Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta meninjau lokasi bencana banjir di Desa Balongga dan Desa Sambo, Kecamatan Dolo pada Jumat (19/4/2024).

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan penanganan bencana banjir berjalan optimal sekaligus menyerahkan bantuan sosial bagi warga terdampak diantaranya gula pasir 200 kilogram (kg), sarden 400 kaleng, teh celup 100 kotak, mi instan 15 dos, saus sambal 50 bungkus, air mineral 20 dos serta bantuan lainnya.

Gubernur terlihat dibonceng mengunakan sepeda motor warga yang dibawa oleh Pelaksana Harian Kepala Dinas ESDM Sulteng, Eddy Nicolas Lesnusa.

Orang pertama di Pemerintah Provinsi Sulteng itu dengan santainya dibonceng untuk meninjau langsung rumah warga yang terdampak bencana banjir.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura menginstruksikan organisasi perangkat daerah atau OPD teknis pendamping untuk segera mengatasi bencana tersebut, diantaranya menyiapkan alat berat untuk membersihkan akses jalan dan melakukan normalisasi sungai.

Selain itu gubernur juga meminta kepada OPD terkait, untuk menyiapkan hunian sementara bagi warga terdampak serta mendistribusikan air bersih, menangani jalan sepanjang 300 meter serta membersihkan gorong-gorong dan pemasagan bronjong.

Selain itu, dia juga meminta Balai Wilayah Sungai Sulawesi III agar merancang pembuatan sabo dam di Sungai Ombie agar ke depan saat terjadi hujan deras tidak menimbulkan bencana yang serupa.

Rusdy Mastura juga menekan pentingnya edukasi kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan hutan.

Gubernur berharap bencana banjir dapat segera selesai agar masyarakat terdampak bisa beraktivitas dengan normal.

Turut mendampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Rohani Mastura, Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Faidul Keteng, serta Kadis Perkimtan Abdul Haris Karim.

Hadir pula mendampingi Kadis Cipta Karya dan SDA Andi Ruly Djanggola, Kadis Sosial Sitti Hasbiah N Zaenong, Kadis Kesehatan Komang Adi Sujendra, Kepala Pelaksana BPBD Akris, Kasatpol PP Moh Nizam, serta Kepala Biro Umum Suandi. CAL

Komentar