BI Gaungkan Karya Kreatif Sulteng 2024, Ajang UMKM Naik Kelas dan Pecahkan Rekor MURI

-Ekonomi, Utama-
oleh

PALU- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (BI Sulteng) mendorong UMKM Sulteng naik kelas dari sisi kapasitas, korporatisasi, pembiayaan (termasuk inklusi keuangan) dan keberlanjutan, serta mendukung hilirisasi produk unggulan UMKM di Negeri Seribu Megalit.

Untuk mewujudkannya, BI Sulteng bekerjasama dengan Kemenkumham Sulteng menggelar kegiatan Karya Kreatif Sulteng 2024. Kegiatan ini merupakan puncak kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBI – GBWI) yang dilaksanakan dalam perayaan Sulteng Expo 2024 dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tengah ke 60 tahun, serta merupakan pelaksanaan Srategic Flagship Event BI Sulteng yang ke-3 dalam rangkaian Road to GBBI dan BBWI 2024.

Menurut rencana, kegiatan Sulteng Expo 2024 akan dilangsungkan pada 25-28 April 2024 di Sirkuit Panggona dengan target peserta dan pengunjung sebanyak 20.000 orang.

Karya Kreatif Sulteng 2024 ini akan menampilkan kegiatan-kegiatan yang unik, seru dan menarik, diantaranya fashion show yang akan dikaitkan dengan tarian dan drama khas Sulawesi Tengah, berbagai perlombaan menarik yang didukung oleh BI Sulteng, pameran UMKM dan keunggulan pariwisata dari setiap kabupaten, business matching, talkshow, aneka lomba dan semakin meriah dengan penampilan dari artis ibukota, yaitu Rizky Febian dan Vicky Salamor.

Karya Kreatif Sulteng 2024 dan GBBI-BBWI Sulteng 2024 menjadi spesial karena keterlibatan Kemenkumham dapat mendorong perizinan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Indikasi Geografis produk UMKM unggulan di Sulawesi Tengah. Serta adanya sinergi bersama Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah yang dikemas dalam workshop dan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM naik kelas di Sulawesi Tengah.

Kepala BI Sulteng, Rony Hartawan uga menyampaikan bahwa BI Sulteng akan melakukan pencatatan rekor MURI yaitu urun dana menggunakan QRIS selama 4 hari dengan target 4.000 transaksi yang akan digunakan untuk mendorong pengembangan destinasi wisata Sulawesi Tengah.

Rony juga mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tengah untuk hadir serta memeriahkan kegiatan KKST 2024, serta mendorong seluruh masyarakat untuk selalu mencintai produk-produk lokal dan bangga berwisata di Indonesia.

“Melalui kampanye GBBI-BBWI yang bertajuk KKST 2024 kita yakin dapat semakin memajukan perekonomian Sulawesi Tengah melalui sektor pengembangan UMKM dan pariwisata,” tuturnya. GUS

Komentar