Serikat Buruh di Banggai Minta Disnakertrans Mediasi dengan Pengusaha Terkait Upah

-Utama-
oleh

BANGGAI– Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) Tahun 2024, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menyelenggarakan acara Coffee Morning pada Rabu (1/5/2024) di Gedung Graha Pemda.

Dengan mengusung tema “Kerja Sama Wujudkan Pekerja Buruh yang Kompeten”, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banggai, Ernaini Mustatim menyatakan, acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan perjuangan buruh, tetapi juga sebagai wadah mempererat kerjasama antara pemerintah dan para pekerja.

“Seluruh dunia memperingati Hari Buruh pada 1 Mei, hari ini kami laksanakan dan kami kemas dalam acara sederhana bertajuk Coffee Morning May Day, dengan secangkir kopi kita jalin kombinasi dan sinergitas bersama,” tutur Ernaini Mustatim.

Sambutan dari Bupati Banggai yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Furqanuddin Masulili menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh buruh.

“Kepada seluruh buruh, dimanapun berada dan bertugas, terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian saudara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Furqanuddin.

Dia menyatakan, upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama melalui pengembangan pendidikan vokasional, terus dilakukan terus dilakukan melalui program PraKerja serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri.

“Untuk itu, pemerintah berusaha untuk mengundang investor dari dalam dan luar negeri dalam rangka menambah kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja,” jelas Wabup Banggai.

Pekerja Kabupaten Banggai yang diwakili oleh Almian dari Serikat Buruh Transport Nusantara Luwuk, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya acara ini, serta permohonan kepada Disnakertrans untuk melaksanakan mediasi terkait tarif upah buruh.

“Kami berharap agar disnakertrans dapat melakukan mediasi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah untuk mencari solusi yang adil dan berkelanjutan dalam kenaikan upah buruh sesuai dengan kondisi ekonomi saat ini,” ungkap Almian.

Pada acara Coffee Morning May Day ini dilaksanakan dialog interaktif dengan narasumber Staf Khusus Bupati Banggai bidang Hukum dan Politik, Abdul Ukas Marzuki. AAD

Komentar