Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Touna

-Tojo Unauna, Utama-
oleh

TOUNA– Wilayah Wakai, Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik pada Selasa (14/5/2024) pukul 09:51:31 Wita.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.32 LS-121.93 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tomini, 86 kilometer (km) Barat Daya Pohuwato, Provinsi Gorontalo dengan kedalaman 10 km.

Dia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan III MMI di Wakai. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga Selasa pukul 10:10 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. LAH

Komentar