Gubernur Rusdy Ajak Penyuluh di Sulteng Majukan Pertanian

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Ajakan ke penyuluh pertanian untuk memajukan pertanian jadi pesan utama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura sewaktu membuka Konferensi Wilayah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sulteng di sebuah hotel Jalan Wolter Monginsidi, Kota Palu, Jumat (31/5/2024).

Apalagi dengan berpindahnya ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan jelas gubernur akan sangat menguntungkan Sulteng sebagai tetangga terdekat yang jadi pemasok kebutuhan pangan disana, sehingga sektor pertanian jadi prioritas ke depan ini.

“Majunya pertanian kita ada di tangan penyuluh,” kata gubernur sebagai kata kunci menjawab peluang IKN.

Karena itu, dia lanjut menitip pesan supaya wadah Perhiptani melakukan terobosan untuk mengeskalasi pertanian Negeri Seribu Megalit.

Diantaranya dengan mengenalkan digitalisasi pertanian ke petani dan melakukan pelatihan petani millenial sebagai langkah meregenerasi petani.

“Asal komiu beri ilmu ke petani, InsyaAllah dalam 10 tahun lagi negeri kita akan sejahtera dan maju,” tuturnya.

Ajakan gubernur ini juga didukung Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Nelson Metubun sekaligus mewakili Ketua Pusat Perhiptani Isran Noor.

Menurutnya, dengan jumlah ribuan penyuluh pertanian yang ada di Sulteng merupakan potensi untuk sinergitas membangun pertanian yang efektif dan efisien.

“Ayo kita jadikan ini momentum mengembalikan kejayaan petani seperti di masa lalu,” ajaknya.

Selain menyusun program kerja pengurus, dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pemilihan ketua baru untuk periode 2024-2029. LAH

Komentar