Polda Sulteng Umumkan Juara Lomba Debat Hukum Hari Bhayangkara di Palu

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Setelah melakukan perdebatan gagasan dan pengetahuan tentang hukum selama tiga hari, akhirnya tim Wiryono Prodjodikoro Universitas Tadulako (Untad) Palu meraih juara pertama Lomba Debat Hukum Hari Bhayangkara ke 78 Polda Sulawesi Tengah (Sulteng), di sebuah hotel Jalan Malonda, Kota Palu, Kamis (6/6/2024).

Tim Untad Palu mampu mengungguli tim Hoegeng dari UIN Datokarama Palu dalam perdebatan hukum yang turut disaksikan oleh Wakapolda Sulteng Brigjen Polisi Soeseno Noerhandoko, para pejabat utama serta pimpinan perguruan tinggi di Sulteng.

Wakapolda Soeseno Noerhandoko membacakan kata sambutan Kapolda Sulteng saat penutupan acara mengatakan, debat hukum ini merupakan salah satu wadah yang sangat penting bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, analitis, serta berargumentasi secara persuasif.

Selain itu kata wakapolda, kegiatan ini juga memperluas wawasan mereka mengenai berbagai isu hukum yang relevan dalam konteks sosial, politik, dan ekonomi.

“Salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan pertukaran gagasan dan pengetahuan tentang hokum,” katanya.

Lomba debat ini kata wakapolda, juga untuk mempromosikan kesadaran hukum yang lebih baik,  dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke 78.

Dia berharap para peserta dapat terus mengembangkan minat dan kompetensi dalam bidang hukum.

Wakapolda juga mengajak para mahasiswa untuk terus membangun sinergi antara institusi pendidikan, aparat penegak hukum, dan masyarakat dalam memperkuat pondasi keadilan dan perdamaian.

“Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menghasilkan dampak positif bagi bangsa dan negara kita,” kata wakapolda.

Dia juga berharap kepada tim yang lolos serta akan bertanding di wilayah zona timur untuk mempersiapkan diri, sehingga mahasiswa dari Sulteng menjadi pemenang dan membawa nama harum perguruan tinggi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Polisi Djoko Wienartono menerangkan, untuk juara III Lomba Debat Hukum diraih oleh tim Muladi dari Universitas Muhammadiyah Palu.

Sedangkan Best Speaker atau juara favorit dipegang oleh Yuyun Andriani dari Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

Djoko juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, juri, dosen pembimbing dan panitia pelaksana kegiatan, sehingga acara lomba debat hukum dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Untuk diketahui Lomba Debat Hukum Hari Bhayangkara ke 78 Polda Sulteng dimulai sejak 4 Juni 2024 diikuti oleh 12 peserta dari lima perguruan tinggi di wilayahnya. CAL

Komentar