40 Tim Ikut Turnamen Domino Antargardu di Kampus STIAP Palu, Siapa Pemenangnya?

-Olahraga, Utama-
oleh

PALU– Turnamen domino antar gardu se Kota Palu, Sulawesi Tengah yang diselenggarakan oleh Gardu Gawalise Silae (GGS) di halaman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan (STIAP), Jalan Nuri berakhir pada Ahad (9/6/2024) malam.

Turnamen domino atau gaple oleh GGS yang bekerjasama dengan Gardu STIAP Palu itu berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (7-9/6/2024).

Sekretaris Pelaksana Turnamen Domino, Ridwan yang ditemui jurnalis media ini, Ahad (9/6/2024) malam mengatakan, turnamen domino itu diikuti sebanyak 40 tim dari 32 gardu di Kota Palu.

Beberapa gardu ada yang mengirim dua tim untuk berpartisipasi dalam turnamen gaple tersebut. “Turnamen ini terbagi dalam delapan grup, dimana setiap grupnya ada lima tim,” katanya.

Sistem turnamen ini berjalan berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh Perkumpulan Olahraga Domino Indonesia atau Pordi dan disepakati lewat hasil technical meeting semua tim pada 1 Juni 2024.

“Supaya saat bertanding atau yang bermasalah tidak ada yang komplain karena seluruh tim bertanda tangan dan menyetujui hasil technical meeting tersebut,” ujar Ridwan.

Turnamen yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palu, Muhammad Irfan pada Jumat (7/6/2024) malam itu dimenangkan oleh Gardu Bumi Nyiur sebagai juara I, Gardu Hotmix juara II, Gardu Otista Palu juara III, dan juara IV diraih Gardu WDM.

Ridwan berharap dari turnamen ini dapat melahirkan atlet-atlet domino profesional.

Dia mengatakan, domino akan dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) eksebisi pada Pekan Olahraga Nasional di Aceh-Sumatera Utara.

“Semoga domino bisa dimasukkan sebagai cabor yang dipertandingkan dalam PON mendatang,” tuturnya.

Dalam turnamen itu pihak panitia menyediakan hadiah uang tunai total sebesar Rp13 juta. Dimana para pemenangnya masing-masing mendapat uang tunai Rp4.750.000 uuntuk juara I, juara 2 Rp3.750.000, juara 3 Rp2.750.000, dan juara 4 Rp1.750.000.

Selain turnamen antargardu, dalam kesempatan itu juga digelar turnamen gaple kelas eksekutif yang dimenangkan pasangan Khairil-Ichal, serta kelas perseorangan dengan hadiah televisi 42 inci dan uang tunai.

Rencananya pertandingan antargardu kembali akan digelar di halaman kampus STIAP Palu pada Senin (10/6/2024) malam ini dengan jumlah peserta 24 tim. RIL

Komentar