Luas Areal Persawahan di Sigi 8.000 Hektare

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Perluasan Areal Tanam Padi Sawah pada lahan-lahan yang terdampak gempa bumi tahun 2018, di lahan Kelompok Tani Morodadi Desa Sidondo VI, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu (8/6/2024).

Wabup yang didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sigi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Balai Penyuluh Pertanian atas terselenggaranya kegiatan gerakan tanam perluasan areal tanam padi sawah yang sifatnya dapat menumbuhkan solidaritas dan memupuk kebersamaan di antara masyarakat.

Selain itu juga untuk mendukung pelaksanaan program percepatan upaya penanganan khusus (Upsus) Padi di Kabupaten Sigi.

Dengan hasil yang telah dicapai para petani Sigi, dengan hamparan areal persawahan cukup luas kurang lebih 8.000 hektare memberikan posisi strategis sebagai salah satu elemen masyarakat yang memiliki potensi besar untuk dapat memberi kontribusi dalam rangka peningkatan pertumbuhan perekonomian sekaligus untuk menyukseskan program swasembada pangan di Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan, segala harapan ingin dicapai di sektor pertanian adalah merupakan suatu realistis dengan melihat begitu luasnya areal persawahan yang dimiliki.

“Apa yang telah kita capai saat ini, merupakan buah dari kerja keras dan kerjasama antara pemerintah masyarakat dalam meningkatkan dan mewujudkan kesejahteraan para petani,” katanya.

Dia menuturkan, upaya-upaya dalam meningkatkan hasil produksi pangan haruslah terus digalakkan bersama, termasuk dalam upaya perluasan areal tanam padi sawah yang diadakan.

“Nantinya kegiatan ini dapat sangat bermanfaat bagi para petani titik termasuk pemanfaatan teknologi yang dapat mendukung peningkatan produksi pertanian,” tuturnya.

Saat ini kata dia, anomali cuaca yang berdampak pada kondisi lapangan sulit untuk diprediksi, membutuhkan solusi tepat oleh para pemerhati bidang pertanian titik inisiatif para penyuluh pertanian untuk melakukan deteksi awal pada para petani atas berbagai keluhan dan problem.

“Termasuk dalam mengantisipasi perkembangan hama yang sering menimbulkan permasalahan pada menurunnya jumlah produksi,” katanya. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada para petani kelompok tani dan para penyuluh pertanian untuk dapat bekerja sama dengan baik serta berkolaborasi dengan pemerintah,TNI dan Polri demi kemajuan pertanian di Kabupaten Sigi. CAL

Komentar