14 Jemaah Haji Yordania Meninggal Akibat Panas Ekstrem, 17 Hilang

-Internasional, Utama-
oleh

ARAB SAUDI– Sebanyak 14 jemaah haji asal Yordania meninggal dunia akibat panas ekstrem kala menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Yordania melaporkan 14 jemaah haji tersebut wafat setelah terkena sengatan Matahari imbas gelombang panas ekstrem.

Kemlu Yordania juga sudah berkoordinasi dengan otoritas Saudi untuk memulangkan jenazah ke Yordania maupun menguburkannya di Saudi.

“Empat belas jemaah Yordania meninggal dan 17 lainnya hilang,” demikian keterangan Kemlu Yordania, seperti dikutip The Guardian, Senin (17/6/2024).

Selain belasan jemaah Yordania, lima jemaah dari Iran juga dikabarkan meninggal dunia.

“Lima jemaah Iran meninggal dunia di Mekkah dan Madinah selama haji tahun ini,” kata kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir Hossein Kolivand.

Kendati demikian, Kolivand tak menjelaskan apa penyebab kelima jemaah wafat.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi, Mohammed Al-Abdulaali, mengatakan lebih dari 2.760 jemaah haji pada Minggu (16/6) didera sengatan Matahari dan suhu panas ekstrem.

Pasalnya, suhu tercatat mencapai 47 derajat Celsius di Mekkah. Suhu itu diperkirakan berlanjut hingga Senin (17/6).

Sejauh ini belum ada laporan dari pihak berwenang Saudi mengenai korban jiwa.

Kerajaan terus menerapkan langkah-langkah mitigasi seperti membagikan air dan mengimbau jemaah untuk menghindari berada di luar ruangan selama jam-jam terpanas antara pukul 11.00 dan 15.00 waktu setempat.

Pelaksanaan haji kebanyakan dilakukan di luar ruangan dan dengan berjalan kaki. Kondisi ini, ditambah dengan panas ekstrem Saudi, menjadi tantangan jemaah terutama di kalangan orang lanjut usia (lansia).

Selama 30 tahun terakhir, ratusan kematian terjadi selama musim haji. Penyebabnya antara lain akibat desak-desakan, kebakaran tenda, panas, hingga faktor-faktor lainnya.

Tahun lalu, setidaknya 240 orang meninggal dunia saat menunaikan haji. Kebanyakan berasal dari Indonesia.

Lebih dari 1,8 juta orang menunaikan ibadah haji tahun ini. Pelaksanaan haji ini akan berakhir pada Rabu (19/6).

(sumber: cnnindonesia.com)

Komentar