Ranperda RPJPD Kabupaten Sigi Tahun 2025-2045 Disetujui

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) menghadiri Rapat Paripurna Penjelasan Bupati Sigi atas Pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Sigi tentang Penyandang Disabilitas dan Pengambilan Keputusan terhadap dua Ranperda Kabupaten Sigi, di Ruang Sidang Utama DPRD setempat, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Jumat (5/7/2024).

Dalam kegiatan itu, Plh Sekkab Sigi menyampaikan, setelah melalui proses pembahasan, yang mana sedianya sesuai dengan jadwal masa persidangan ke tiga bahwa pengambilan keputusan terhadap Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dijadwalkan pada 8 Agustus 2024.

Akan tetapi kata dia, dari hasil studi komparasi Bappeda provinsi dan berdasarkan timeline penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045 bahwa pengambilan keputusan bersama DPRD dan pemerintah daerah dilaksanakan pada pekan pertama bulan ini.

Oleh karena itu pansus 1 dan pemerintah daerah yang ditunjuk mewakili bupati dalam pembahasan, bekerja keras untuk menyelesaikan pembahasan raperda RPJPD Kabupaten Sigi tahun 2025-2045.

Setelah melalui proses pembahasan 18 hari kerja akhirnya sampai pada tahap akhir ini persetujuan bersama pemerintah daerah dengan DPRD Sigi mengenai substansi ranperda tentang RPJPD Kabupaten Sigi Tahun 2025-2045.

Dia mengatakan, dengan disetujuinya ranperda tentang RPJPD Kabupaten Sigi tahun 2025-2045 menjadi dokumen perencanaan pembangunan untuk 20 tahun mendatang sampai dengan tahun 2045 untuk memberi arah dan acuan untuk seluruh komponen di wilayahnya, dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan bersama, sesuai visi misi dan arah pembangunan yang telah disepakati bersama dalam mendukung pencapaian Indonesia emas tahun 2045.

Pada masa persidangan ke tiga ini badan anggaran DPRD Sigi dan pemerintah daerah juga telah selesai membahas ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023 dalam pembahasan pada tingkat anggaran telah menyetujui ranperda tentang pertanggunjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

Pemerintah Kabupaten Sigi telah berupaya dengan maksimal untuk menyajikan data menggambarkan kondisi keuangan yang benar dan wajar berupa perhitungan atas pelaksanaan pendapatan belanja serta pembiayaan.

Di akhir sambutannya, Plh Sekkab Sigi mengatakan, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk bekerja lebih cermat menata pengelolaan keuangan dan aset daerah menjadi lebih baik dan pada tahun depan dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan atas kerjasamanya selama ini. CAL

Komentar