Kerusuhan Besar Landa Israel Usai Enam Sandera Tewas di Gaza

-Internasional, Utama-
oleh

TEL AVIV– Puluhan ribu pengunjuk rasa membanjiri jalan-jalan kota Israel pada Ahad (1/9/2024), menuntut kesepakatan gencatan senjata segera dengan Hamas setelah jasad enam sandera ditemukan di terowongan Gaza.

Serikat pekerja terbesar Israel menyerukan pemogokan nasional untuk menutup “seluruh ekonomi Israel” pada hari Senin, dengan dukungan kelompok-kelompok hak asasi manusia, untuk menekan pemerintah agar menandatangani gencatan senjata dan mengamankan pembebasan sandera yang tersisa.

Demonstrasi hari Ahad adalah yang terbesar sejak Israel melancarkan perang terhadap Hamas sebagai tanggapan atas serangan 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 warga Israel dan menyandera 200 orang.

Penyelenggara menggambarkan unjuk rasa itu sebagai “lautan pengunjuk rasa yang tak berujung,” memperkirakan kerumunan sebanyak 300.000 orang di Tel Aviv dan 200.000 orang lainnya di kota-kota lain di seluruh negeri.

Di Tel Aviv, para pengunjuk rasa berbaris menuju markas Pasukan Pertahanan Israel (IDF), membawa enam “peti mati simbolis” dan meneriakkan, “Kami tidak akan meninggalkan mereka” dan “Sekarang! Sekarang!” Banyak yang menyalahkan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu karena gagal mengamankan kesepakatan untuk membawa para sandera pulang dengan selamat.

Rasa frustrasi meningkat ketika diduga bahwa tiga dari enam sandera yang tewas dijadwalkan untuk dibebaskan selama tahap pertama dari proposal gencatan senjata yang dibahas pada bulan Juli.

Sekelompok pengunjuk rasa memamerkan kuburan tiruan yang terbuat dari potongan kardus, dengan tanda bertuliskan, “dinamai menurut Benjamin Netanyahu.”

“Tidak ada yang lebih buruk daripada mengetahui bahwa mereka bisa diselamatkan,” ujar seorang demonstran kepada wartawan, seraya menambahkan, “Terkadang dibutuhkan sesuatu yang sangat mengerikan untuk mengguncang orang dan membuat mereka turun ke jalan.” Malam harinya, protes berubah menjadi kekerasan ketika para demonstran memblokir jalan dan membakar ban.

Polisi mengerahkan meriam air dan granat kejut untuk membubarkan massa. Seorang polisi wanita dilaporkan terluka dalam konfrontasi tersebut, dan puluhan orang ditangkap.

“Selama demonstrasi ilegal tersebut, pasukan polisi di Tel Aviv menangkap 29 tersangka yang melanggar perintah, menyerang petugas, dan terlibat dalam vandalisme brutal,” ungkap penegak hukum di X. Komentator politik Israel Sri Goldberg mengatakan Netanyahu seharusnya “khawatir” tentang kerusuhan tersebut.

Dia menjelaskan, “Kematian para sandera memperjelas bagi banyak orang bahwa kebijakan pemerintah Israel sangat merugikan orang Israel, dan mungkin, dalam kasus para sandera, bahkan mematikan.”

Sementara itu, Hamas mengklaim para sandera “sengaja” dibunuh oleh IDF. Dalam video yang ditujukan kepada tentara Israel setelah penemuan jenazah, Brigade Qassam bersikeras, “Mereka masih hidup dan seharusnya dibebaskan pada tahap pertama kesepakatan.”

(sumber: sindonews.com)

Komentar