Pemkab Harap Kementerian Pariwisata Bantu Kembangkan Wisata Sigi

-Utama-
oleh

SIGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, berharap Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat membantu pengembangan potensi wisata di daerah itu, dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap dukungan dari Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pariwisata untuk membantu mengembangkan dan promosi potensi wisata,” kata Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Jumat (21/10/2022).

Samuel mengatakan, Sigi memiliki banyak potensi wisata mulai dari wisata alam, budaya, yang dapat menjadi destinasi wisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Beberapa potensi wisata tersebut di antaranya Danau Lindu yang terletak di Kecamatan Lindu, serta objek wisata paralayang terletak di Matantimali, Kecamatan Marawola Barat.

Dia mengatakan, sebagai bentuk promosi potensi kekayaan alam tersebut, Pemkab Sigi memanfaatkan pelaksanaan Festival Kabupaten Lestari yang akan dilaksanakan pada 23-25 Juni 2023 mendatang di Kecamatan Lindu.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata terkait dengan pelaksanaan Festival Kabupaten Lestari,” kata Samuel.

Samuel mengatakan, dia didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemkab Sigi Iskandar Nongtji dan beberapa pejabat Pemkab Sigi, berkoordinasi langsung dengan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono, di Jakarta, Rabu (19/10) terkait pengembangan dan promosi potensi wisata Sigi.

Dalam pertemuan itu, Samuel menyampaikan kepada Dwi Marhen Yono bahwa Sigi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Kabupaten Lestari tahun 2023 mendatang.

Kabupaten Sigi ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Tahun 2023 dalam rapat umum anggota LTKL 2022 di Jakarta, Selasa 19 Juli 2022. Salah satu bentuk kegiatan LTKL berupa Festival Kabupaten Lestari.

Menurut dia, bahwa Festival Kabupaten Lestari menjadi salah satu media untuk mengenalkan potensi sumber daya alam termasuk potensi wisata yang ada di Kabupaten Sigi.

Pemkab Sigi berupaya agar kegiatan tersebut dapat berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, karena dihadiri oleh ribuan orang dari dalam dan luar negeri.

Dia menambahkan, selain Danau Lindu, sebut dia, Sigi juga memiliki objek wisata paralayang yang terletak di Desa Matantimali, Kecamatan Marawola Barat. “Objek wisata ini sudah digunakan untuk kegiatan-kegiatan paralayang standar nasional dan internasional,” ucapnya. ANT

Komentar