Puluhan Ribu Mahasiswa di Palu Hadiri Deklarasi Kebangsaan

PULUHAN ribu mahasiswa asal berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Palu, Sulawesi Tengah menghadiri kegiatan orasi kebhinekaan dan deklarasi kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun di Lapangan Universitas Tadulako, Sabtu (28/10/2017). FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Puluhan ribu mahasiswa asal berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Palu, Sulawesi Tengah menghadiri kegiatan orasi kebhinekaan dan deklarasi kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun di Lapangan Universitas Tadulako (Untad), Sabtu (28/10/2017).

Kegiatan itu diawali dengan Deklarasi Kebangsaan dari kalangan mahasiswa diwakili Untad dan pimpinan perguruan tinggi diwakili Rektor Universitas Alkhairaat Hamdan Rampadio.

Setelah itu dilanjutkan dengan orasi kebangsaan diwakili dari pihak kampus IAIN Palu dan Polda Sulteng disampaikan Wakapolda Kombes Polisi Muhammad Aris Purnomo.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penampilan Sigit Purnomo Said atau biasa dikenal Pasha Ungu, setelah sebelumnya dilakukan pembacaan doa dari lima perwakilan agama dipimpin Islam.

Sebelum membawakan lagu, Pasha yang juga mahasiswa Untad pasca sarjana angkatan 2017 itu juga sempat berorasi dengan menyatakan bahwa pemuda tidak hanya sekadar kata.

“Pemuda itu terdiri dari enam huruf, pertama Prestasi,” kata Pasha yang juga menjabat Wakil Walikota Palu itu.

Ia mengatakan, prestasi tidak hanya diukur dengan uang dan seberapa banyak piala serta sertifikat yang diraih.

Selanjutnya Edukatif, pemuda itu harus banyak tahu dan berwawasan. Mandiri, pemuda tidak boleh bergantung kepada siapapun dalam kehidupan. Kemudian Ulet, pemuda itu tidak boleh malas-malas, sehingga cita-citanya bisa tercapai. Terakhir, Dinamis dan Aktif, pemuda itu juga harus aktif dan tidak boleh banyak diam.

Usai berorasi tentang kepemudaan, Pasha kemudian menghibur ribuan mahasiswa, dosen, dan undangan yang hadir dalam deklarasi kebangsaan dengan sejumlah lagu diantaranya Kebyar-Kebyar dan Cinta Sakota, dan Sampesuvu Roa.

Dalam kesempatan itu, Pasha juga mengajak sejumlah mahasiswa untuk bernyanyi bersama.

Tak hanya itu, Sekretaris Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate, Rektor Untad Muhammad Basir, Rektor IAIN Palu Zainal Abidin dan Wakapolda Aris Purnomo juga ikut diajak bernyanyi oleh orang kedua di Pemerintahan Kota Palu itu.

Kegiatan itu berakhir dengan aman dan lancar dibawah pengawalan ketat aparat Polda Sulteng dan Polres Palu. CAL

Komentar