Polda Sulteng Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai 2024

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Sriti Convention Hall, Kota Palu, Rabu (18/9).

Hadir dalam Deklarasi Pilkada Damai 2024 antara lain Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Chandra Wijaya, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, Ketua KPU dan Bawaslu Sulteng, sejumlah rektor, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan jurnalis.

Kapolda Sulteng dalam sambutannya mengatakan, esensi pemilihan kepala daerah sejatinya adalah untuk menciptakan sistem pemerintahan berdasarkan kehendak rakyat yang menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi warga negara dan memastikan pemimpin terpilih mewakili kepentingan aspiraai masyarakat secara luas.

Hal tersebut kata kapolda, tentunya dengan terlebih dahulu memastikan bahwa penyelenggaraan pilkada telah dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kapolda mengatakan, sebagai upaya menumbuhkan kesadaran berdemokrasi yang berasaskan nilai-nilai Pancasila dan partisipasi aktif seluruh stakeholder serta elemen masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, maka Polri berkomitmen untuk mengamankan jalannya pilkada serentak tahun 2024 secara komprehensif.

“Salah satunya dengan menginisiasi kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pilkada yang berintegritas, aman, damai dan sejuk di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang kita cintai,” ungkap kapolda.

Kapolda berharap, seluruh elemen yang terlibat dapat bersinergi dan berkontribusi positif sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Dia juga berpesan, agar para tokoh agama, tokoh adat, akademisi, pimpinan organisasi kepemudaan, perwakilan BEM dan jurnalis dapat menyampaikan semangat demokrasi dan membawa pesan Deklarasi Pilkada Damai 2024 untuk menjadi motivasi semua menciptakan suasana aman dan kondusif. CAL

Komentar