Gempa Guncang Tolitoli 5,0 SR

gempa
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Wilayah Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu (19/5/2018) pukul 03.26.02 WIB.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono mengatakan, hasil analisis pemutakhiran BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitude 5,0 Skala Richter (SR).

Ia mengatakan, episenter terletak pada koordinat 1,21 LU dan 120,13 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 31 kilometer (km) arah barat laut Kota Ogotua, Kabupaten Tolitoli pada kedalaman 10 km.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tolitoli dan Donggala dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI),” katanya.

Menurutnya, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, peristiwa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng laut Sulawesi.

Hal ini katanya, sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh defornasi kerak bumi dengan pergerakan naik (thrust fault).

Hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan sebanyak satu kali yaitu pada pukul 03.31 WIB dengan kekuatan M 4,9.

Kepada masyarakat Rahmat mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. CAL

Komentar