Buka MTQ ke 28 di Bangkep, Gubernur Sulteng Harap Al Quran Jadi Jati Diri Umat Islam

PEMBUKAAN Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke 28 Tahun 2020 di Kabupaten Banggai Kepulauan berlangsung meriah dan sukses pada Senin (16/3/2020) malam. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, BANGKEP– Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke 28 Tahun 2020 di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) berlangsung meriah dan sukses pada Senin (16/3/2020) malam.

Meski agak terlambat dari jadwal tapi tidak mengurangi animo masyarakat melihat megahnya prosesi yang diawali defile kafilah 13 kabupaten/kota peserta MTQ ke 28.

Bupati Bangkep Rais D Adam dalam laporannya menyampaikan jumlah total kafilah MTQ ke 28 mencapai 1.064 orang yang bertanding dalam delapan  cabang musabaqah, diantaranya tilawah, hafidz, tafsir dan fahmil.

“Saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang sudah membantu MTQ,” ujar purnawirawan polisi itu.

Sementara itu, Kepala Kanwil Agama Sulteng, Rusman Langke dalam sambutannya mengharapkan MTQ dapat mendekatkan umat Islam dengan kitab suci Al Quran, sehingga budaya baca Al Quran semakin bertumbuh dari waktu ke waktu.

Senada dengan kakanwil, Gubernur Sulteng Longki Djanggola juga mengajak seluruh elemen mengoptimalkan ajang MTQ dalam rangka membumikan Al Quran.

“Supaya bukan hanya prestasi yang terus menerus kita perjuangkan, tapi justru bagaimana ikhtiar kita supaya bisa menjadikan Al Quran sebagai jati diri umat Islam dan sekaligus rujukan,” harapnya.

Longki menuturkan, kemuliaan seorang hamba manakala dia tidak hanya mempelajari Al Quran untuk kepentingan sendiri, tapi dengan mengajarkan ke hamba Allah yang lain.

“Semoga spirit MTQ kian meningkatkan penghayatan dan kecintaan kita kepada Al Quran serta dalam mengamalkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” pungkas gubernur berharap.

Pembukaan MTQ ke 28 di Bangkep ditandai dengan pemukulan beduk dan penekanan tombol sirene.

Setelahnya gubernur dan undangan menyaksikan tarian kolosal yang menceritakan proses syiar Islam di Bangkep.

Turut hadir di acara itu, Anggota DPD RI Dapil Sulteng Muhammad J Wartabone, Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, para bupati/wakil bupati se Sulteng, dan Said Agil Husin Al Munawar selaku Koordinator Dewan Hakim serta tamu lainnya. CAL

Komentar