Gubernur Sulteng Ikut Sidang Tahunan MPR RI

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura mengikuti pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo yang menggunakan baju adat Badui dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76 pada pembukaan sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD tahun 2021 secara virtual, di ruang video konferensi kantor gubernur setempat, Senin (16/8/2021).

Saat itu gubernur didampingi Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Mulyono dan Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo dalam sidang tersebut berbicara tentang pandemi Covid-19.

Jokowi mengibaratkan pandemi seperti kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan, dan sekaligus mengasah ketahanan bangsa.

Banyak kebiasaan yang harus diubah untuk bertahan di masa pandemi Corona.

“Jika ingin sehat, warga yang lain juga harus sehat. Jika ada seseorang yang tertular Covid-19, maka hal ini akan membawa risiko bagi yang lainnya,” katanya dalam sidang tahunan MPR RI.

“Penyakit adalah masalah bersama, dan menjadi sehat adalah agenda bersama,” sambungnya.

Jokowi juga mengapresiasi kesadaran masyarakat terhadap kesehatan yang semakin tinggi. Gaya hidup sehat menurutnya, modal terbesar untuk menuju masyarakat yang lebih baik sekaligus cara untuk mengembangkan SDM berkualitas.

“Pandemi mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama,” tuturnya.

Jokowi mengatakan, upaya pemerintah menangkal penyebaran Covid-19 melalui pengetatan mobilitas merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Maka dari itu, pemerintah memberikan bantuan sosial yang lebih banyak dibanding kondisi normal.

Bantuan sosial itu meliputi, Program Keluarga Harapan, kartu sembako, diskon listrik, subsidi gaji, Bantuan Produktif Usaha Mikro, bantuan sosial tunai, BLT Dana Desa, dan program Kartu Prakerja. CAL

Komentar