Walikota Siap Kerjasama dengan BPIP Bumikan Pancasila di Palu

-Kota Palu-
oleh

PALU- Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menjadi salah satu narasumber dalam acara Sarasehan Perayaan Nilai Keindonesiaan dari Bumi Tadulako pada Senin (27/9/2021) secara virtual yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika setempat dari Ruang Rapat Bantaya kantor walikota.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI tersebut menghadirkan Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno yang juga selaku Wakil Presiden RI ke 6 periode 1993-1998.

Dalam sambutannya, walikota menyatakan Pancasila yang diciptakan oleh para pendiri bangsa ini sesungguhnya adalah pedoman keduniaan bagi negara dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Sebagaimana dikatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan. Jadi kalau kita ingin besar, maka pedoman ini harus kita pegang,” ujarnya.
Walikota berkomitmen bersama seluruh perangkat daerah yang ada di Kota Palu akan bersungguh-sungguh untuk berusaha mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kerja mengemban amanah.

“Pada tanggal 10 Juni 2021 yang lalu kami berkunjung ke BPIP dan spontan kami Pemerintah Kota Palu menyatakan siap melakukan MoU dengan BPIP untuk menjadikan Kota Palu jadi kota yang InsyaAllah mampu membumikan Pancasila,” ungkapnya.

Sebenarnya, walikota berharap kerja-kerja nyata pembumian Pancasila akan diaktualisasikan di tahun ini.

Tetapi kata dia, dikarenakan pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak, maka pihaknya akan melakukan penguatan-penguatan terhadap aktualisasi Pancasila, baik kepada seluruh aparatur sipil negara, masyarakat, dan lainnya pada tahun 2022 bisa berjalan lebih baik.

Pemerintah Kota Palu juga akan melaksanakan survei tematik Pancasila yang nantinya menjadi dasar penguatan agar efektivitas terhadap arah penerapan nilai-nilai Pancasila di wilayahnya dapat berjalan dengan baik.

Turut hadir secara virtual dalam sarasehan Perayaan Nilai Keindonesiaan dari Bumi Tadulako ini yakni Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Wakil Kepala BPIP, Hariyono, dan lainnya. CAL

Komentar