Purna Paskibra di Sulteng Dikukuhkan Jadi Duta Pancasila

-Utama-
oleh

PALU– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir mewakili Gubernur Rusdy Mastura bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah setempat melakukan penetapan Purna Paskibra Duta Pancasila tingkat provinsi dan kabupaten/kota bertempat di Gedung Pogombo, Kamis (28/10/2021).

Kepala Biro Pengawasan Internal Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Abbas sebelum dilakukan pengukuhan Purna Paskibra Duta Pancasila menyampaikan pesan diantaranya agar terus menjaga martabat bangsa, menjaga keutuhan NKRI, dan membumikan Pancasila.

Dia meminta agar para purna paskibra menjadi teladan dalam mewujudkan cita-cita bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Selanjutnya atas nama ketua BPIP, Kepala Biro Pengawas BPIP bertanya kepada Duta Paskibra tiga kali apakah purna paskibra siap diangkat menjadi Duta Pancasila?.

Secara serentak purnapaskibra menyatakan siap! Dan selanjutnya Duta Paskibra mengucapkan ikrar setia kepada Pancasila.

Wagub menyampaikan salam hangat dari Gubernur Rusdy Mastura yang saat ini melaksanakan tugas di Jakarta atas undangan dari kementerian dan Dirut PLN untuk mengikuti acara yang sangat penting dalam rangka pembangunan Sulteng.

Ma’mun menyampaikan, hasil kajian Indeks Aktualisasi Sulteng terhadap lima sila Pancasila berada pada peringkat ketiga nasional sebagai daerah yang memiliki Indeks Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta memiliki nilai di atas rata-rata nasional.

Wagub menuturkan, Pancasila memiliki sila yang memiliki rangkaian yang ketergantungan antara satu sila  dengan lainnya untuk mewujudkan visi dan misi berbangsa yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Keadilan Sosial hanya dapat dicapai kalau tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, gubernur telah menetapkan program peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan pengangguran melalui program Rp 100 miliar per kabupaten/kota/tahun serta pendidikan gratis.

“Harapannya, semoga anak didik kita kedepan hanya memikirkan kualitas dan prestasi, tidak terbebani dengan biaya pendidikan,” tuturnya. Wagub juga menyampaikan harapannya agar purnapaskibra yang sudah ditetapkan menjadi Duta Pancasila dapat terus menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila untuk diaktualisasikan kepada masyarakat, sehingga nilai yang ada pada Pancasila selalu tumbuh dan hidup di tengah masyarakat. CAL

Komentar