Hadirkan Titi Kamal dan Mongol, BI Sulteng Dorong Pemasaran Digital UMKM

-Ekonomi, Utama-
oleh

PALU– Pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah (Sulteng) menghadirkan artis ternama Titi Kamal dan Komedian Mongol untuk mendorong semangat pelaku UMKM memasarkan produk secara digital.

Selain dua publik figur tersebut, BI Sulteng juga mengundang Konsultan Digital Marketing, Suryadin Laoddang serta Emmiryzan dari Tokopedia sebagai narasumber.

Kegiatan bertajuk Temu Responden 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah; Memanfaatkan Pemasaran Digital, Mencapai Keuntungan Optimal ini dilaksanakan secara offline di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta Palu serta secara online via aplikasi zoom, Rabu (10/11/2021). Ratusan usahawan maupun unsur pengambil kebijakan pemerintah dan kalangan perbankan hadir dalam kegiatan itu.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Perwakilan BI Sulteng, Viktor Arya Bekti menuturkan, kegiatan tersebut adalah wujud apresiasi BI Sulteng kepada para responden yang selama ini telah memberikan data ekonomi Sulteng.

Selain itu kata Viktor, kegiatan tersebut bertujuan mendorong semangat para pelaku UMKM di Bumi Tadulako untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menunjang usahanya.

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Sulteng pada triwulan ketiga tahun ini sedikit menurun dibanding triwulan kedua. Meski demikian angkanya masih cukup baik dan berada di tiga besar pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur.

“Situasi yang kurang menyenangkan ini disebabkan adanya puncak pandemi. Makanya, kami terus mendorong pelaku-pelaku usaha, agar ekonomi kita semakin membaik,” tutur Viktor.

ARTIS Titi Kamal memberikan semangat bagi pelaku UMKM Sulteng untuk memulai digital marketing via zoom. FOTO: AGUS PANCA SAPUTRA/SULTENGTERKINI.ID

Viktor menambahkan, BI Sulteng mendorong pemanfaatan digital marketing bagi pelaku UMKM karena prospeknya sangat menjanjikan. Kedua, pertumbuhan pemasaran digital dengan sendirinya akan mendorong peningkatan transaksi non tunai.

Agar pelaku UMKM Sulteng bergairah dalam menerapkan konsep digital marketing, artis Titi Kamal berbagi kisahnya saat menjadi seorang usahawan. Menurut owner Kamila Beauty itu, seseorang yang membuka usaha sendiri akan terpacu untuk meningkatkan kualitas produknya, pengembangan diri bahkan harus siap menerima komentar netizen.

Soal netizen lanjut Titi, ada beberapa trik yang bisa ditempuh pelaku UMKM, salah satunya adalah pemberian hadiah. “Konsumen bagi kita adalah yang nomor satu. Makanya kita harus jaga kepercayaan, bila perlu kita beri hadiah,” katanya. Bagi Titi Kamal, membuka usaha sendiri memiliki tantangan dan kebahagiaan tersendiri. GUS

Komentar

News Feed