Diklat Teknis Substantif Audit Investigatif di Palu Ciptakan Auditor dan Pengawas yang Handal

-Utama-
oleh

PALU– Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menghadiri pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Audit Investigatif di ruang pertemuan sebuah hotel Jalan Malonda, Senin (22/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah Kota Palu bersama BPKP Provinsi Sulawesi Tengah tersebut digelar bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan inspektorat setempat.

Menurut walikota, diklat yang dilaksanakan kali ini sangat penting tidak hanya bagi Pemerintah Kota Palu saja, tapi juga pemerintah secara keseluruhan.

“Karena memang pemerintah menginginkan bahwa bagaimana jalannya roda pemerintahan dan kebijakan-kebijakan pemerintah yang dilakukan sejak awal, sudah meminimalisir kemungkinan-kemungkinan berbagai hal yang membuat kerugian negara,” ujarnya.

Dia menyatakan, diklat ini juga sebagai upaya memberikan penguatan bagi sumber daya manusia di Inspektorat Daerah Kota Palu agar cakap dan mumpuni, sehingga mampu mengidentifikasi serta melakukan analisa cermat atas segala sesuatu yang telah dan akan dilakukan.

Walikota meminta kepada Inspektur Inspektorat Daerah Kota Palu untuk terus memberikan penguatan bagi para auditor, sehingga memiliki tenaga yang handal.

Selain itu juga mampu mengawal Inspektorat Kota Palu untuk menjadi betul-betul sebagai pengawas dan pemeriksa, serta sebagai OPD yang merupakan pengampu semua hal yang dilaksanakan sejak perencanaan sampai dengan realisasi serta pertanggungjawaban kegiatan. “Untuk itu, saya meminta agar pelatihan-pelatihan dasar terkait dengan penguatan untuk mempersiapkan dan menciptakan para auditor maupun pengawas yang baik di lingkup Inspektorat Kota Palu harus dilakukan,” tuturnya. CAL

Komentar