416 BTS 4G di Sulteng akan Dibangun

-Utama-
oleh

PALU– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir mewakili Gubernur Rusdy Mastura menerima Zone Manager Pelaksana Pembangunan Proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G Daerah 3T Sulawesi Tengah, Firman Aritoa dan jajarannya di ruang kerjanya, Rabu (24/11/2021).

Wagub turut didampingi Kadis Bina Marga dan Tata Ruang, Syaifullah Djafar, Kadis Kominfo Farida Lamarauna, dan Kepala BPKAD Bahran.

Firman Aritoa mengatakan, pembangunan proyek BTS 4G daerah 3T Sulteng yang dilaksanakan melalui Program BAKTI 4G wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) merupakan implementasi arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan transformasi digital di seluruh Tanah Air melalui Kementerian Kominfo.

Dia menyampaikan, cakupan proyek dan distribusi BTS 4G tersebar pada 565 titik di Sulawesi, khusus Sulteng sebesar 74% atau 416 titik yang tersebar di 10 kabupaten dan kota.

Saat ini terdapat kendala untuk pembangunan BTS di wilayah Desa Tinggede Sigi dan juga izin pembangunan pada area masuk jalan nasional dan provinsi.

Wagub mengatakan, pemerintah provinsi (pemprov) Sulteng sangat bersyukur atas pembangunan BTS pada 416 titik di wilayahnya.

Tetapi kata dia, sesuai hasil laporan Kadis Kominfo Sulteng, masih terdapat 600 daerah di wilayahnya yang blank spot jaringan telekomunikasi.

Olehnya dia berharap agar penetapan lokasi pembangunan BTS dapat terkoordinasi dengan pemerintah daerah supaya melihat prioritas.

Walaupun demikian wagub meminta kepada Kadis Kominfo supaya dapat menyurat kepada Kementerian Kominfo untuk dapat memenuhi pembangunan BTS pada seluruh daerah yang blank spot itu.

Karena hal itu kata dia, merupakan janji politik gubernur dan wagub kepada masyarakat pada waktu kampanye dulu.

Selanjutnya untuk pemberian izin pembangunan BTS yang melewati jalur jalan nasional dan daerah agar dilakukan permohonan kepada DPMPTSP dan kementerian.

Sementara untuk kendala lokasi pembangunan BTS di Desa Tinggede, wagub langsung menghubungi Bupati Sigi Irwan Lapata agar dapat memfasilitasi penyediaan lokasi pembangunan BTS 4G di wilayah tersebut.

Dia menyampaikan apresiasi atas dukungannya dalam pembangunan BTS 4G di wilayahnya. “Semoga seluruh kegiatan pembangunan BTS 4G dapat berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” tutur mantan Bupati Banggai itu. CAL

Komentar

News Feed