Hengkang dari Nasdem, Kasman Lassa Kini Pimpin DPD PAN Donggala

-Politika, Utama-
oleh

PALU– Mantan Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah (Sulteng), Kasman Lassa menyatakan diri resmi bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN).

“Saya pindah partai yang warnanya mirip (biru), tidak terlalu jauh, PAN dengan Nasdem itu mirip (warna),” kata Kasman Lassa usai dilantik bersama seluruh pengurus DPD PAN se Sulteng oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan di sebuah hotel Jalan Basuki Rahmat, Kota Palu, Ahad (9/1/2022).

Di hadapan ketua umum dan seluruh undangan yang hadir dalam pelantikan itu, Kasman mengaku dirinya terlahir sebagai warga Muhammadiyah.

“Latar belakangnya, memang saya kaget, saya alumni pesantren muhammadiyah di Yogyakarta, kemudian alumni pesantren di Sulawesi Tengah, guru SMP Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah, dan dosen di Universitas Muhammadiyah,” ujar Bupati Donggala dua periode itu.

Kesediaan Kasman Lassa untuk resmi bergabung dari Nasdem ke PAN terbilang sangat singkat.

Dia mengungkapkan awal masuknya ke partai berlambang matahari terbit itu bermula dari pengunduran dirinya sebagai Ketua DPD Nasdem Donggala pada 3 Januari 2022.

Kemudian pada 4 Januari 2022 surat pengunduran dirinya sebagai kader Nasdem itu dikirim dan diterima oleh pengurus DPW Nasdem Sulteng.

Setelah itu Kasman Lassa dilamar oleh PAN dan akhirnya menyatakan sikap untuk bergabung ke partai itu pada 7 Januari 2022.

“Akhirnya saya kembali ke habitat (Muhammadiyah),” katanya.

FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.ID

Dalam kesempatan itu, Kasman Lassa juga memohon kesediaan Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum DPP PAN untuk hadir pada pengukuhan pengurus PAN se Kabupaten Donggala.

“InsyaAllah tiga bulan kedepan, saya akan membuat semacam pengukuhan pelantikan sendiri di Kabupaten Donggala dengan jumlah tidak usah saya bilang, tetapi saya adalah orang yang berada di basis hingga grassroot,” kata Bupati Donggala dua periode itu.

Acara pelantikan dan pengukuhan pengurus DPW dan DPD PAN se Sulteng itu juga dihadiri sejumlah petinggi partai seperti Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, dan anggota Komisi III DPR RI asal daerah pemilihan Sulteng Sarifuddin Sudding.

Hadir pula Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, mantan Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan, Bupati Sigi Irwan Lapata, Wakil Bupati Tolitoli Moh Besar Bantilan, dan sejumlah pimpinan partai politik. CAL

Komentar