Pengurus PWI Sulteng Dilantik, Tri Putra: Masyarakat Harus Merasakan Manfaat Keberadaan PWI

-Utama-
oleh

PALU- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari melantik pengurus PWI Sulteng periode 2022 – 2027 di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis (20/10/2022). Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sulteng juga dikukuhkan dalam acara tersebut.

Pimpinan Umum Tri Media Grup, Tri Putra Toana dilantik sebagai Ketua PWI Sulteng, sementara Hj Maya Malania Noor dikukuhkan sebagai Ketua IKWI Sulteng.

Usai dilantik, Tri Putra Toana menegaskan visi besar yang akan diwujudkannya dalam lima tahun kedepan. Melalui organisasi PWI, Tri Putra ingin mewujudkan  pers yang professional, mandiri dan bermartabat.

“Pers tidak akan bermartabat sebelum profesionalisme dan kemandirian tertanam,” tegasnya.

Menurut Tri Putra, PWI tidak semata-mata mengurus tugas-tugas jurnalistik. Yang lebih penting adalah, bagaimana masyarakat merasakan manfaat yang besar terhadap kehadiran organisasi PWI.

Setidaknya, ada dua program yang akan dilakukan oleh PWI Sulteng agar lebih dekat dengan masyarakat. Program tersebut yakni membentuk divisi yang dinamakan PWI Peduli, serta membentuk Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH).

“Program PWI Peduli telah berjalan dan LKBH tengah dalam proses,” ujarnya.

Saat musibah banjir bandang di Torue Kabupaten Parigi Moutong 28 Juli lalu, tim PWI Peduli bersama sejumlah pengurus PWI Sulteng turun langsung membagikan bantuan dan santunan. Rencananya, PWI Peduli tak hanya turun aksi saat bencana. Program beasiswa kepada anak sekolah dasar dan menengah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Saat ini, sambung Tri Putra, PWI Sulteng juga tengah bersiap menghadapi event nasional, Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Malang Jawa Timur pada 20 November mendatang. Berbagai persiapan termasuk latihan para atlit terus dimassifkan agar PWI Sulteng dapat menorehkan prestasi yang mengharumkan nama Sulawesi Tengah.

SELAIN pengurus PWI Sulteng,  juga dikukuhkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sulteng.  Pataka PWI Sulteng diserahkan Ketua IKWI Pusat, Hj Indah Kirana kepada Hj Maya Malania Noor. FOTO: RIFKY MERCUSUAR

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura optimis PWI Sulteng mampu mewujudkan visi tersebut.   

Sebagai orang nomor satu di Sulteng, Rusdy Mastura siap berkolaborasi dan bekerjasama demi pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari menekankan pentingnya komunikasi dan kompetensi dalam mewujudkan pers yang professional dan bermartabat.

“Jurnalis dituntut untuk memiliki kompetensi. Inilah pentingnya mengikuti ujian kompetensi agar jurnalis paham tugas dan fungsinya,” singkat Atal. Pelantikan pengurus PWI dan IKWI Sulteng dihadiri unsur muspida provinsi dan mantan Gubernur Sulteng dua periode, Longki Djanggola. GUS

Komentar