BI Sulteng Edukasi Keuangan Digital di Al Azhar Festival

-Utama-
oleh

PALU- BankIndonesia (BI) Perwakilan Sulteng memberikan edukasi literasi keuangan digital bagi kalangan pelajar pada event Pentas Seni Al Azhar Festival 2022, Sabtu (29/10/2022).

Saat sosialisasi dan edukasi keuangan, BI Sulteng mengisi stan festival, sehingga pengunjung yang hadir dapat lebih mengenali dan merasakan transaksi digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Bentuk edukasi lainnya adalah pemberian pemahaman perihal Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

Dalam sambutannya, Kepala BI Sulteng, Dwiyanto Cahyo Sumirat menuturkan, dukungan dan kolaborasi BI Sulteng dengan SMA Al-Azhar Mandiri Palu merupakan aksi nyata dalam meningkatkan literasi keuangan digital khususnya bagi kalangan pelajar. Dalam jangka Panjang, diperkirakan semua transaksi keuangan akan beralih ke teknologi digital dan menuju cashless transactions.

“Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni. Kemampuan literasi digital ini bukan hanya untuk kepentingan transaksi keuangan, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan dan aktivitas kehidupan lainnya yang berbasis digital,” tutur Dwiyanto.

Dia menambahkan, inovasi atas perkembangan teknologi ini, menjadi solusi atas permasalahan yang sering dihadapi, seperti lupa membawa dompet ataupun cemas terhadap uang yang diragukan keasliannya.

Terlebih di masa pandemi, pembayaran secara nontunaimelalui QRIS dirasa lebih aman karena dapat dilakukan tanpa bersentuhan, bahkan dapat dilakukan tanpa tatap muka.

“Transaksi digital bisa dilakukan dimana dan kapan saja, sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat secara cepat, mudah, murah, aman, dan handal,” terang Dwiyanto.

Dia berharap, pengalaman dalam bertransaksi menggunakan QRIS ini dapat terus berlanjut sehingga pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan literasi keuangan digital  bagi kalangan muda dan pelajar di Sulawesi Tengah.

Kegiatan Pentas Seni Al Azhar Festival 2022 dihadiri Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura. Kegiatan ini adalah inisiatif kepala sekolah dan OSIS SMA Al Azhar Palu. GUS

Komentar