Pemkab Sigi Manfaatkan Safari Ramadan untuk Serap Aspirasi Warga

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, memanfaatkan Safari Ramadan 1444 Hijriah untuk menyerap aspirasi warga di daerah itu terkait dengan masalah-masalah pembangunan.

“Pemerintah daerah terus berupaya untuk melakukan yang terbaik masyarakat, dengan menyerap aspirasi agar pembangunan dilakukan berbasis kerakyatan,” kata Sekretaris Kabupaten Sigi, Nuim Hayat, di Sigi, Senin (3/4/2023).

Pemkab Sigi, kata dia, menurunkan Tim Safari Ramadan ke wilayah-wilayah terpencil, selain di wilayah yang berdekatan dengan Kota Palu serta ibu kota Kabupaten Sigi.

Hal itu, sebut dia, bertujuan agar Tim Safari Ramadan yang di dalamnya juga terdapat unsur pemerintah, dapat berdialog langsung dengan masyarakat dan mendengar masukan warga.

“Karena, Pemkab Sigi ingin memastikan bahwa Safari Ramadan menjadi satu komitmen kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dia mengatakan, aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, akan ditindak lanjuti oleh pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

Di samping itu, Nuim juga mengatakan bahwa Safari Ramadhan 1444 Hijriah yang dilakukan oleh Pemkab Sigi, merupakan salah satu upaya pembinaan masyarakat dari aspek atau pendekatan agama.

Pembinaan itu, ujar dia, lebih difokuskan pada penguatan kerukunan umat beragama yang mengedepankan nilai-nilai toleransi.

Oleh karena itu, kata dia, Safari Ramadan lebih diarahkan pada penguatan pemahaman moderasi beragama.

“Pemerintah ingin memastikan bahwa dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan masyarakat memperoleh keamanan dan kenyamanan, sehingga pelaksanaan ibadah itu sendiri dapat berlangsung dengan khusyuk,” ungkapnya.

Doa menambahkan, Safari Ramadan 1444 Hijriah merupakan kegiatan atau program tahunan yang sejalan dengan program unggulan Pemkab Sigi yaitu Sigi Religi. ARA

Komentar