IKA SMPP 57-SMAN 4 Gelar Palu Mengaji 2, Targetkan Ribuan Peserta dan Khatam Tiga Kali

-Utama-
oleh

PALU– Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP) 57-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Palu, Sulawesi Tengah kembali menggagas kegiatan “Palu Mengaji” di tahun 2023.

“Palu Mengaji ini adalah merupakan kegiatan yang kedua kalinya kita gelar setelah tahun lalu,” ujar Ketua Panitia Kegiatan Palu Mengaji 2, Revi Arifin Passau kepada sejumlah jurnalis di kediaman Ketua IKA SMPP 57-SMAN 4 Palu, Jalan Abdul Raqie, Kelurahan Lere, Palu Barat, Rabu (5/4/2023) malam.

Revi yang merupakan alumni pertama atau angkatan 79 SMPP 57-SMAN 4 Palu itu menjelaskan, Palu Mengaji 2 ini digelar di Taman GOR pada Jumat (7/5/2023) mulai pukul 16.00 WIta.

“InsyaAllah dimulai ba’da Salat Ashar jam 4 sore hingga menjelang berbuka puasa. Hikmah kegiatan ini adalah menyambut malam Nuzulul Quran di bulan Ramadan 1444 Hijriah,” kata Revi yang juga mantan Anggota DPRD Kota Palu itu.

Sementara itu, Ketua IKA SMPP 57-SMAN 4 Palu, Abdul Rahman menambahkan, kegiatan Palu Mengaji 2 ini pihaknya menargetkan ribuan peserta dari siswa sekolah menengah pertama dan atas baik itu negeri maupun swasta serta para alumni SMPP 57-SMAN 4 Palu.

“Pesertanya terbuka untuk warga muslim di Kota Palu dan sekitarnya, tetapi kami mengundang sejumlah SMP dan SMA sederajat seperti SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 2, Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat, SMAN 1, SMAN 4, SMKN 2, MAN 1, MAN 2, dan Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat,” ungkap Abdul Rahman.

Selain pelajar dan alumni SMPP 57-SMAN 4, panitia Palu Mengaji 2 itu juga mengundang majelis taklim dan anak-anak panti asuhan di Kota Palu.

Para peserta Palu Mengaji 2 kata dia dibagi menjadi tiga kelompok besar dan akan secara bersama melantunkan ayat suci Al Quran dengan target tiga kali khatam.

Olehnya pihaknya mengajak masyarakat Kota Palu untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Palu Mengaji 2 ini dengan membawa Al Quran dan peralatan salat karena akan digelar Salat Magrib berjemaah di Taman GOR.

Selain mengaji, Palu Mengaji 2 ini juga akan diisi ceramah atau hikmah menyambut Nuzulul Quran oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Ustaz Zainal Abidin.

Umang-panggilan akrab Abdul Rahman- ini menjelaskan, Palu Mengaji merupakan inisiatif para alumni untuk lebih membumikan lagi aktivitas membaca Al Quran bagi umat muslim.

Menurut dia, membaca Al Quran, tidak hanya terikat di ruang privat saja, tapi juga bisa dilakukan di ruang publik.

Dia menuturkan, kegiatan Palu Mengaji inj juga sudah menjadi program tahunan IKA SMPP 57-SMAN 4 Palu dan selaras dengan program dari Pemerintah Kota Palu.

Palu Mengaji ini juga kata Umang merupakan rangkaian kegiatan dari alumni menjelang musyawarah pemilihan ketua baru.

Dengan adanya kegiatan Palu Mengaji ini, pihaknya berharap kecintaan membaca Al Quran terus dilakukan, tidak hanya pada Ramadan saja, tetapi juga di bulan-bulan lainnya. CAL

Komentar