Warga Berburu Pakaian Salat Id di Kawasan Wisata Religi Palu

-Utama-
oleh

PALU– Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

Tradisi dari tahun-tahun sebelumnya, sejumlah warga menggunakan waktu pada malam takbiran untuk berbelanja kebutuhan Lebaran, khususnya perlengkapan Salat Idul Fitri.

“Iya ramai sekali. Memang puncaknya malam Lebaran begini,” ungkap Murni, salah satu pedagang di Palu, Jumat (21/4/2023) malam.

Hal tersebut seperti yang terlihat di kawasan wisata religi Jalan SIS Al Jufri Kota Palu. Sejak sore hingga malam hari, ribuan warga terlihat berburu perlengkapan salat, baik baju koko, sajadah, kopiah, kerudung dan perlengkapan lainnya.

Memang, kawasan wisata religi SIS Al Jufri ini menjadi tempat penjualan pakaian muslim dan perlengkapan salat setiap Ramadan hingga Idul Fitri.

Menurutnya, sebagian besar barang yang dijual di sejumlah lapak ini didatangkan dari luar Kota Palu, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Menurut salah satu warga, Ryan mengatakan, memang setiap tahunnya dia dan keluarga selalu berbelanja di kawasan sis Al Jufri, karena selain harganya yang terbilang murah, model pakaian muslimnya juga banyak modelnya.

“Tiap tahun selalu di sini kalau Lebaran. Cari baju koko anak, istri juga. Saya rasa disini juga lengkap, jadi tidak perlu capek ke tempat lain,” paparnya. ARA

Komentar