KPU Palu Harap Kirab Pemilu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

-Utama-
oleh

PALU– Sesuai jadwal yang telah ditentukan, bendera Partai Politik (Parpol) dalam Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan tiba di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (26/5/2023).

Penjemputan bendera Kirab Pemilu dari Kabupaten Tolitoli akan dilakukan di Kelurahan Pantoloan.

Serahterima kirab ini diserahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tolitoli dan diterima oleh KPU Kota Palu, di halaman kantor KPU Kota Palu pada Jumat.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid menuturkan, daerahnya masuk dalam rute kirab bendera parpol Pemilu 2024.

“Setelah serah terima, dilanjutkan dengan acara pelepasan Kirab Pemilu yang rencananya dilakukan oleh Walikota Palu,” ungkap Agussalim kepada sejumlah jurnalis, Rabu.

Dia menjelaskan, kirab ini merupakan seremoni yang dilaksanakan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Kirab pemilu ini merupakan seremonial yang dilakukan dalam rangka memperingati 1 tahun menuju pemilu, sesuai jadwalnya akan berlangsung selama delapan hari, dari 26 Mei hingga 2 Juni 2023,” kata Agussalim.

Dia mengatakan, kirab ini memiliki tujuan penting yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Pemilu 2024, menyebarluaskan informasi dan tahapan pemilu, meningkatkan kesadaran serta pemahaman terhadap hak dan kewajiban dalam pemilu.

Selain itu kata dia, kirab pemilu juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

“Yang paling penting tujuan kirab ini untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih agar partisipasi masyarakat kita meningkat,” katanya.

KPU Palu kata Agus, rencananya melakukan sosialisasi terkait pemilu di beberapa tempat potensial seperti Palu Grand Mall, Pasar Inpres Manonda, kafe-kafe, bundaran Taman Nasional, taman GOR, lokasi car free day, dan lainnya.

Selain itu, pihak KPU juga akan melibatkan para pelajar di Kota Palu untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula tentang hak dan kewajiban dalam pemilu.

“Nantinya kita akan melakukan hal yang menarik, seperti memberikan kuis dan lomba-lomba. Ini untuk menarik masyarakat yang ada di kota Palu untuk ikut terlibat dalam pemilu,” katanya.

“Kita mengharapkan agar partisipasi pemilih dalam Pemilu nanti meningkat dan semua elemen yang terlibat dapat menjaga Pemilu ini dengan baik,” tutur Agussalim. HNY

Komentar