Warga Tolitoli Sambut Meriah Gerakan Pangan Murah di Stadion Nopi  

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Warga Tolitoli berbondong-bondong menuju Stadion Nopi di Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan, Senin (26/6/2023). Mereka antusias mengikuti Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Pemda Tolitoli.

GPM serentak nasional yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Tolitoli tersebut merupakan gerakan yang diinisiasi Badan Pangan Nasional guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

Dalam gerakan ini, pemerintah menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar, mulai dari beras, bawang merah, bawang putih, tepung, minyak goreng dan gula pasir.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini merupakan kegiatan perdana secara serentak untuk memecahkan rekor MURI. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 256 kabupaten/kota dan 35 Provinsi seluruh Indonesia.

Untuk menyukseskan GPM tersebut, Pemerintah Kabupaten Tolitoli melibatkan beberapa elemen seperti Perum Bulog Tolitoli, Toko Mitra Distributor Telur Ayam, PT. Wings Tolitoli, serta Alfamidi Kelurahan Nalu.

Turut hadir pada kegiatan tersebut para unsur Forkopimda, para perangkat daerah terkait, dan Camat Baolan.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Muh. Nur Munawar mengatakan,  Indonesia memiliki potensi sumber daya alam lokal beraneka ragam dan sangat berpotensi dalam rangka mencukupi pangan nasional.

“Pelaksanaan pangan murah kali ini merupakan gagasan yang luar biasa mengingat kondisi perekonomian Indonesia khususnya Kabupaten Tolitoli terancam inflasi,” ujar Nur Munawar.

Dia meminta masyarakat senantiasa dapat memanfaatkan pangan murah atau pangan lokal dengan baik dan berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan.  

Sementara itu,  Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam  paparannya melalui zoom meeting mengatakan,  GPM merupakan salah satu program strategis yang terus digenjot   menjelang Hari Besar dan Keagamaan Nasional (HBKN).

Dilanjutkannya, program GPM secara umum tidak hanya diadakan saat mendekati HBKN tetapi juga dijadwalkan untuk di laksanakan sepanjang tahun seluruh Indonesia.  

Acara Pembukaan GPM di akhiri dengan Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting serta Pemecahan Rekor MURI  dengan Pelaksanaan Serentak di 300 titik secara nasional. GUS

Komentar