Pemkab Sigi Pacu Pengembangan Pariwisata Tingkatkan Ekonomi Rakyat

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah memacu pembangunan sektor pariwisata sebagai satu pendekatan dalam meningkatkan ekonomi warga di daerah itu.

“Pengembangan wisata menjadi magnet untuk meningkatkan ekonomi UMKM, masyarakat, dan daerah,” kata Bupati Sigi, Mohamad Irwan di Sigi, Kamis (6/7/2023).

Pemkab Sigi melakukan pengembangan destinasi pariwisata berskala nasional berbasis masyarakat di antaranya objek wisata paralayang yang terletak di Desa Wayu, Kecamatan Marawola Barat.

Pada tahun 2021 program pengembangan ini melalui pengembangan sumber daya pariwisata dan peningkatan daya tarik destinasi pariwisata telah dianggarkan sebesar Rp529 juta.

Selain itu, Pemkab Sigi juga melakukan pengembangan objek wisata sungai di Desa Kalukubula.

Pengembangan objek wisata ini diikutkan dengan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) Taman Taiganja.

Sebagai penunjang objek wisata sungai dan RTH Taman Taiganja Kalukubula, maka tahun 2023 akan dibangun jembatan gantung yang menghubungkan Desa Kalukubula dan Desa Tinggede.

Selanjutnya, di bagian timur Kabupaten Sigi, pemerintah setempat akan membangun RTH di Desa Lolu yang berfungsi sebagai objek wisata dengan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Sementara di bagian barat Kabupaten Sigi akan dibangun RTH Perkotaan Binangga dengan fungsi wisata dengan biaya sebesar Rp2,4 miliar.

Data Pemkab Sigi menyebutkan pembangunan RTH dan sarana penunjang RTH tersebut dilaksanakan pada tahun 2023 ini.

Di samping itu, Pemkab Sigi juga melakukan pengembangan wisata desa meliputi 11 desa terdiri dari wisata Desa Sibedi, Kalukutinggu, Toro, Mataue, Lawua, Balane, Karunia, Kaleke, Tomado, Wayu, Bora dan wisata edukasi bekas likuefaksi.

Sigi memiliki banyak potensi wisata mulai dari wisata alam, budaya, yang dapat menjadi destinasi wisata bagi wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Oleh karena itu, Pemkab Sigi berupaya melakukan pengembangan sehingga potensi wisata tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan ekonomi masyarakat dan daerah. ARA

Komentar