Usai Ibadah Haji, Kapal Sabuk Nusantara 89 Angkut 341 Jamaah Tolitoli

-Tolitoli-
oleh

TOLITOLI – Sebanyak 341 jamaah haji asal Kabupaten Tolitoli tiba dengan selamat di Kota Cengkeh. Kepulangan para jamaah dengan Kapal Sabuk Nusantara ini disambut antusias oleh pemerintah setempat maupun para keluarganya.

Pada Sabtu (28/7/2023), Pemerintah Tolitoli bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tolitoli menerima kepulangan jamaah haji di ruang tunggu terminal Pelabuhan Dede.

Sebanyak 266 jamaah yang terdiri dari 18 orang asal Kecamatan Tolitoli Utara, 15 orang Kecamatan Dakopemean, 78 orang Kecamatan Galang, 111 orang Kecamatan Baolan, 30 orang Kecamatan Ogodeide, 8 orang Kecamatan Lampasio, dan 6 orang asal Kecamatan Basidondo, tiba dengan selamat menggunakan Kapal Laut Sabuk Nusantara 89.

Para jamaah ini dijemput langsung oleh Sekretaris Daerah Tolitoli, Moh. Asrul Bantilan didampingi Kapolres Tolitoli.

Jumlah keseluruhan jamaah haji kloter 14, 15 sebanyak 342 orang dan 1 orang Jamaah Haji meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah berasal dari Kecamatan Baolan yang bernama Abdul Kadir Morana.

Sebelumnya sebanyak 75 Jamaah Haji yang masing – masing berasal dari Kecamatan Dampal Selatan, Dampal Utara dan Kecamatan Dondo tiba di Pelabuhan Desa Ogoamas Kecamatan Dampal Selatan pada Pukul 06.00 Wita serta disambut langsung oleh Bupati Tolitoli. Kemudian kapal tersebut bertolak ke Pelabuhan Dede Tolitoli pada pukul 08.00 Wita.

Sebelum menerima secara resmi kedatangan Jamaah Haji Tolitoli, Sekda Tolitoli, Moh. Asrul Bantilan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Agama Tolitoli, Tim Medis Dinas Kesehatan dan PPIH  Tolitoli atas dedikasi dan kerja keras dalam proses penyelenggaraan ibadah haji hingga selesai.

Asrul juga terharu dan bahagia mengiringi para jamaah haji yang baru saja menunaikan Rukun Islam   kelima tersebut.

“Semoga semua amal ibadah para jamaah haji sejak di Tanah Suci mendapatkan nilai pahala di hadapan Allah SWT dan memperoleh predikat Haji Mabrur serta mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada sang Khalik. Selain itu, bisa memberikan tauladan yang baik kepada masyarakat di sekitarnya guna bersama – sama membangun Kabupaten Tolitoli,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda  Tolitoli, para Kepala Perangkat Daerah, Asisten dan Kabag Sekretariat Daerah Tolitoli, Raja Tolitoli Moh. Saleh Bantilan, Anggota DPRD Tolitoli, serta sejumlah pejabat lainnya. GUS

Komentar