Tahanan Palestina akan Dibebaskan Israel, Siapa Saja?

-Internasional, Utama-
oleh

ISRAEL– Israel dan Hamas akan melakukan pertukaran tahanan menyusul kesepakatan gencatan senjata selama empat hari di Gaza. Lantas, siapa saja tahanan Palestina yang bakal dibebaskan Israel?

Dilansir dari CNN, sebagian besar tahanan Palestina yang berpotensi akan bebaskan dari penjara Israel adalah anak laki-laki berusia 18 tahun ke bawah dan wanita.

“Daftar [tahanan yang akan dibebaskan] tersebut mencakup usia para tahanan dan tuduhan yang dikenakan terhadap mereka seperti pelemparan batu, merugikan keamanan regional, mendukung organisasi teroris, tuduhan kepemilikan senjata ilegal, penghasutan, dan tuduhan percobaan pembunuhan,” tulis CNN.

“Sebagian besar tahanan Palestina yang memenuhi syarat untuk dibebaskan [Israel] adalah remaja laki-laki berusia 16 hingga 18 tahun. [Usia ini] masuk kategori anak-anak menurut definisi PBB, meskipun ada juga yang berusia 14 tahun,” tulis CNN dalam artikelnya pada Kamis (23/11).

Selain itu, tahanan yang akan dilepas oleh Israel adalah wanita dewasa yang berjumlah 33 orang.

“Sekitar 33 orang [tahanan yang dilepas] adalah perempuan, menurut hitungan CNN,” tulis CNN.

Sementara itu, The Times of Israel melaporkan bahwa pemerintah Israel telah menentukan 300 tahanan Palestina yang akan dibebaskan pada Rabu (22/11) yaitu 287 anak-anak dan 13 perempuan dewasa.

“Sebagian besar, 287 dari 300 tahanan Israel akan dibebaskan yaitu laki-laki berusia 18 tahun ke bawah yang sebagian besar dari mereka ditahan karena kerusuhan dan pelemparan batu di Tepi Barat atau Yerusalem Timur,” tulis The Times of Israel.

“13 tahanan lainnya adalah perempuan dewasa, sebagian besar dari mereka dihukum karena percobaan teror penikaman,” tulis The Times of Israel menambahkan.

Rencananya, Israel akan melepas 150 tahanan Palestina setiap Hamas menyerahkan 50 sandera. Pertukaran sandera Israel dan Hamas ini kemungkinan akan dilakukan pada Jumat (24/11) yang awalnya bakal berlangsung Kamis (23/11).

Sementara itu, Kepala Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina, Qadura Fares, mengatakan ada sekitar 8.300 tahanan Palestina yang saat ini ditahan di penjara-penjara Israel.

“Lebih dari 3.000 orang di antara tahanan itu ditangkap karena penahanan administratif,” kata Fares.

(sumber: cnnindonesia.com)

Komentar