Basarnas Palu Siaga Personel dan Perlengkapan Jelang Nataru

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kota Palu, Sulawesi Tengah menyiagakan puluhan personel dan perlengkapan guna mengantisipasi adanya gangguan keselamatan di masyarakat dalam menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dalam apel siaga yang berlangsung Senin (18/12/23) di kantor SAR Palu, Jalan Elang, Kepala Kantor SAR Palu Andrias Hendrik Johannes mengecek langsung kesiapan personel dan sejumlah peralatan yang dimiliki.

Dia mengungkapkan personel SAR Palu akan disiagakan di sejumlah pos-pos yang dibentuk pemerintah daerah.

“Untuk Nataru 2023-2024 ini kita laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Badan SAR Nasional Pencarian Pertolongan. Siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dilaksanakan sejak tanggal 18 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024,” ujar Andrias Hendrik Johannes.

Selain menyiagakan 87 personel, juga ada penyiagaan alat utama SAR seperti Rigid Inflatable Boat, Rescue Truk, Rescue Carrier, Rescue Car, Truk Personel, Motor Trail, Beach Patrol, peralatan medis, peralatan selam, peralatan ekstrikasi, dan peralatan Urban SAR lainnya.

Dia mengatakan, para personel akan mobile di sejumlah posko yang telah di bentuk.

Hal tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan seiring makin tinggginya volume kendaraan yang akan bergerak dalam maupun luar kota dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi, mengantisipasi bencana Hidrometorologi. Personel Kantor SAR Palu akan siaga bersama peralatannya” tambahnya.

Instruksi lainnya dari pimpinan Basarnas, bahwa siaga khusus ini bersamaan dengan tahun politik, personel diharapkan melaksanakan siaga khusus ini dengan baik, jangan sampai tugas siaga ditunggangi unsur politik.

Di akhir apel siaga itu, Kantor SAR Palu melakukan devile kendaraan sebagai bentuk dari personel memang telah siap serta perlengkapan pendukung SAR berfungsi dengan baik. ODI

Komentar