Gubernur Sulteng Sebut Pariwisata Touna Cukup Signifikan Bagi Devisa

-Tojo Unauna, Utama-
oleh

TOUNA– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menitipkan sejumlah harapan kepada Kabupaten Tojo Unauna (Touna) yang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 20.

Pelaksanaan Puncak HUT Kabupaten Tojo Unauna dilaksanakan di Lapangan Upacara Eks STQ Jalan Merdeka, Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Senin (18/12/2023).

Saat menghadiri Peringatan Puncak HUT ke 20 Kabupaten Tojo Unauna, gubernur yakin dan percaya dengan komitmen dan sinergitas dari seluruh elemen, Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna akan dapat mewujudkan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Touna yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Menurut Rusdy Mastura, Touna merupakan kabupaten di Sulawesi Tengah yang menjadi tujuan pariwisata utama dengan 138 daya tarik wisata yang luar biasa dengan tiga diantaranya menjadi destinasi unggulan penyedot wisatawan mancanegara yakni destinasi Pulau Papan, Desa Unauna dan Desa Banano.

Selain itu Walea yang ada di Kepulauan Togean memiliki korespondensi dengan lahirnya teori seleksi alam oleh Charles Darwin, yang tentu saja hal ini akan sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata minat khusus.

“Pemasukan dari industri pariwisata Tojo Unauna cukup signifikan bagi devisa negara, dan juga bagi Sulawesi Tengah yang turut merasakan imbasnya,” katanya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Sulteng saat ini menembus 13,06%, sehingga pendapatan asli juga ikut terdongkrak naik.

Dari awalnya hanya Rp900 miliar per tahun 2021 kini melejit hingga lebih dari Rp1,9 triliun.

“Kita harus mampu mengelola berbagai potensi daerah yang dimiliki secara optimal agar berdampak sebesar-besarnya bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan harus menyentuh seluruh pelosok daerah, baik di kota maupun desa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, gubernur mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna atas berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih di bawah kepemimpinan Bupati Mohammad Lahay dan Wakil Bupati Ilham Lawidu.

Diantaranya sukses sebagai tuan rumah dan juara umum STQH 27 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, menerima penghargaan UHC atas kinerja capaian kepesertaan BPJS Kesehatan lebih dari 95 persen dan juga pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan sebanyak 11 kali berturut-turut.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Rusdy Mastura menyerahkan bantuan Program Gercep Gaskan Berdaya, Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah dimaksudkan untuk menurunkan angka kemiskinan melalui penguatan ekonomi bagi rumah tangga miskin. LAH

Komentar