Walikota Palu Temui Gubernur Sulteng, Bahas Apa?

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menerima Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid bersama jajaran di ruang kerjanya pada Kamis (25/1/2024) pagi.

Pertemuan kedua pemimpin untuk berdiskusi seputar pembangunan Kota Palu dalam konteks memperkuat Sulteng sebagai penyangga Ibu Kota Negara atau IKN.

Gubernur Rusdy mengatakan, belum lama ini menerima aspirasi warga perihal lahan pemakaman umum di Talise.

Menanggapinya, Walikota Hadianto memaparkan bahwa pemerintah kota sedang menyiapkan lokasi dimaksud sesuai aspirasi yang dibawa ke gubernur.

Dengan catatan masyarakat mesti bersabar dulu mengingat butuh proses dalam penyiapan lahan dimaksud.

“Untuk pematangan lahan paling cepat dua tahun karena harus diteliti dulu struktur kekerasan tanahnya, jangan sampai longsor,” urainya menjelaskan.

Atas penjelasan walikota, gubernur menyatakan siap mengalokasikan anggaran sebagai dukungan provinsi ke pemerintah kota.

Kemudian gubernur menginginkan agar di Tatanga dibangun sebuah bantaya sebagai tempat warga bermusyawarah dan siap membantu jika sudah dibentuk panitia pembangunan.

Selanjutnya dia berharap agar warga Duyu membudidayakan tanaman anggur supaya kelurahan ini menjadi sentra anggur.

Selain itu dia berharap supaya Pemerintah Kota Palu dapat menangkap potensi Selat Makassar yang dilewati lebih dari 30 ribu kapal dalam setahun.

“Apa yang bisa kita siapkan supaya Palu bisa memasok (logistik) kapal-kapal yang melewati Selat Makassar,” harap gubernur.

Begitu juga dengan rencana pembangunan kompleks olahraga di Hutan Kota sebagai persiapan menjadi tuan rumah PON dengan Kota Palu sebagai tempat pelaksanaannya.

Sementara untuk meningkatkan konektivitas transportasi maka ke depan gubernur merencanakan pembangunan jalan lingkar luar Kota Palu.

“Saya ini bukan jenius hanya tukang mengkhayal,” katanya tentang mimpi-mimpi besar memajukan Palu.

Setelah panjang lebar berdiskusi, Walikota Hadianto menyatakan siap menindaklanjuti saran-saran Gubernur Rusdy yang dulu pernah memimpin Kota Palu dua periode.

“Kami menangkap apa yang disampaikan Pak Gub dan prinsipnya kami setuju,” ujarnya dengan mantap.

Turut hadir di pertemuan, Asisten Administrasi Umum M Sadly Lesnusa, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Irvan Ariyanto, Karo Administrasi Pemerintahan dan Otda Dahri Saleh, Karo Administrasi Pimpinan Eddy N Lesnusa, Sekretaris Kota Palu Irmayanti Pettalolo dan pejabat terkait. HAL

Komentar