Mahasiswa Untad Jadi Fasilitator Kelurahan ‘Cantik’ di Palu

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako (Untad) menjadi fasilitator kelurahan Cinta Statistik (Cantik) dan pendamping UMKM di 24 Kelurahan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Serah terima fasilitator dilaksanakan di ruang rapat Bantaya Kantor Walikota Palu yang dipimpin oleh Sekretaris Irmayanti Pettalolo, Senin (26/2/2024).

Irmayanti mengatakan, pihaknya masih membutuhkan data statistik terkait dalam mewujudkan program percepatan satu data yang dicanangkan Pemerintah Kota Palu.

Menurutnya, keterbatasan kemampuan yang dimiliki kelurahan seperti pengusaan teknologi yang mengakibatkan kebutuhan data ini muncul.

Sehingga kata dia, adanya para mahasiswa ini bisa membantu dalam mengidentifikasi serta mengintervensi kenutuhan masyarakat.

“Saya juga berpesan kepada lurah dan camat agar memanfaatkan para mahasiswa ini sesuai dengan keilmuannya, saya juga berharap mahasiswa bisa menyajikan data yang benar,” ucapnya.

Disisi lain, Fungsional Statistik Ahli Madya BPS Palu I Ketut Dibia menyebut, tugas dari para mahasiswa untuk mengumpulkan data sumber daya manusia, sosial, ekonomi dan menyusun profil kelurahan.

“Akan diperluas juga perbaikan website masing-masing kelurahan jika berhasil menyusun data,” ujarnya.

Untuk diketahui, mahasiswa yang menjadi fasilitator kelurahan cantik dan pendamping UMKM itu berjumlah 133 orang tersebar di empat kecamatan Kota Palu. CAL

Komentar