Seorang Warga Hilang Saat Cari Kayu di Hutan Morut

-Morowali Utara, Utama-
oleh

MORUT– Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap seorang warga yang hilang saat mencari kayu gaharu di hutan Desa Ensa, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara (Morut).

“Korban atas nama Darsono (67),” kata Rusmadi selaku Kepala Subseksi Operasi dan Siaga SAR Palu, Senin (11/3/2024).

Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari rekan korban yang bernama Bayu, kejadian pada Ahad (3/3/2024), namun informasi baru dilaporkan ke Pos SAR Morowali pada Sabtu (9/3/2024).

Adapun kronologis, pada 24 Februari 2024, korban Darsono bersama ketiga rekannya berangkat dari Desa Beteleme ke Ensa untuk mencari kayu gaharu dan tiba pada 26 Februari 2024.

Kemudian keempat orang tersebut mencari kayu gaharu dan memisahkan diri satu dengan yang lainnya.

Setelah selesai mencari kayu gaharu, ketiga rekannya kembali ke kamp. Sementara, Darsono belum kembali hingga saat ini. Pencarian telah dilakukan oleh rekannya, namun hasil masih nihil.

“Kami menerima laporan tersebut pada Sabtu (9/3/2024) malam, setelah informasinya diterima tim rescue dari Pos SAR Morowali diberangkatkan ke lokasi dengan menggunakan truk,” ujar Rusmadi.

Dia mengatakan, pencarian pada Ahad (10/3/2024) dilakukan di area perkiraan lokasi kejadian radius pencarian sejauh dua kilometer.

Hingga pencarian pukul 18.00 Wita belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban, sehingga tim SAR gabungan menutup sementara pencarian dan dilanjutkan pada Selasa pagi (12/3/2023).

“Pencarian akan dilanjutkan besok. Kendala yang dihadapi oleh tim dilapangan yaitu tidak adanya signal komunikasi di area pencarian. Waktu tempuh dari desa terdekat ke lokasi kejadian empat hari dengan berjalan kaki dan untuk kontur di area pencarian vegetasi hutan sangat rapat,” sambung Rusmadi.

Adapun unsur tim gabungan yang melakukan pencarian korban terdiri dari personel Pos SAR Morowali, babinsa, Polsek Mori Atas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Palang Merah Indonesia, masyarakat dan pemerintah desa setempat. HAL

Komentar