Gubernur Sulteng Diminta Lakukan Langkah Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura diwakili Kepala Biro Hukum, Adiman mengikuti zoom Rapat Koordinasi (Rakor) Khusus Antisipasi dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan yang dibuka dan dipimpin oleh Menteri Koordinator, Politik,  Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Hadi Tjahjanto di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Rakor Khusus Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan itu dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri ATR/BPN, Panglima TNI, Kapolri, Kasad, Pangdam, Kepala Kementerian/Lembaga Teknis, Gubernur, dan Kapolda se Indonesia.

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto menyampaikan agar semua pihak kementerian/lembaga, gubernur dan unsur forkopimda dapat meningkatkan koordinasi sesuai dengan fungsinya untuk dapat mempersiapkan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan gambut.

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto juga meminta gubernur dan unsur forkopimda dapat meningkatkan koordinasi untuk dapat melakukan langkah-langkah konkrit berupa upaya pencegahan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya.

Sementara Mendagri Tito Karnavian menegaskan agar pemerintah daerah menyiapkan dana pada APBD berupa BTT sebagai biaya siaga yang dapat dimanfaatkan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan gambut.

Mendagri juga meminta agar pemerintah daerah dapat segera menetapkan peraturan daerah sebagai landasan hukum dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan gambut di daerahnya.

Selanjutnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menegaskan agar gubernur dan unsur forkopimda dapat mensinergikan seluruh perangkat kementerian di daerah melakukan pencegahan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut di daerahnya. LAH

Komentar