Olah 4.500 Ton Ore Tiap Hari di Poboya, PT CPM Segera Ekspansi ke Tolitoli

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU- Penambangan emas PT Citra Palu Minerals (CPM) di Poboya kian massif. Perusahaan tersebut mampu mengolah 4.500 ton ore setiap hari. Dalam waktu dekat, PT CPM akan melakukan ekspansi ke Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli.

Manager Goverment Relation and Permit PT CPM, Amran Amier mengatakan, PT CPM memiliki kontrak karya seluas 84 ribu hektare yang terbagi dari enam blok yakni Blok Poboya, Blok Masamba, Blok Sausu, Blok Dondo, Blok Lobu dan Blok Labuan Toposo.

Menurut Amran, dari enam blok ini, baru Blok Poboya yang instensif dikelola. Bahkan, seluruh teknologi canggih telah dibangun di blok tersebut.

“Teknologi canggih kami mulai dari aktivitas penambangan hingga pengolahan limbah. Untuk limbah, kami punya teknologi baru yakni tailing filter press yang hasil materialnya sudah di bawah ambang batas baku mutu,” jelas Amran disela buka puasa bersama media, Rabu (3/4/2024).

Amran mengatakan, saat ini pihak CPM tengah mengkaji pemanfaatan hasil limbah tambang untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, baik berupa bahan baku pembuatan batako atau material pengerasan jalan.

“Untuk reklamasi juga bisa karena limbahnya sudah bersih,” terang Amran.

Untuk pengelolaan tambang di Blok Poboya, lanjut Amran, PT CPM mempekerjakan lebih dari 2.000 orang tenaga kerja.

“Soal dana sosial atau CSR, implementasinya sudah ada di dokumen prioritas,” sebutnya.

Amran meyakini bahwa PT CPM sejauh ini telah melakukan praktik penambangan berkelanjutan atau good mining practices.

“Dengan good mining practices kita bisa bersama membangun masa depan yang berkelanjutan,” singkatnya. GUS

Komentar