Tenaga Inseminator Tingkatkan Pengetahuan Lewat Bimtek IB Sapi Donggala di Palu

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Inseminasi Buatan (IB) Sapi Donggala yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng di UPT Balai Pendidikan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Selasa (30/4/2024).

Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan inseminator dalam pelayanan inseminasi buatan dengan melibatkan masyarakat dan personel babinsa.

Menurutnya, tenaga inseminator merupakan ujung tombak pemerintah untuk meningkatkan populasi hewan ternak sapi dengan kualitas terbaik, mengingatkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah saat ini memiliki 18 ribu straw (sperma beku) dan ke depan akan diprogramkan satu desa satu inseminator.

Dia pun berharap kegiatan tersebut bisa meningkatkan produksi daging sapi Sulteng supaya tembus satu juta ton per tahun.

Jumlah ini terang gubernur, diyakini akan mampu mencukupi permintaan daging sapi dari IKN Nusantara dan kawasan industri di Sulteng.

Agar program satu desa satu inseminator lebih masif, dia berpesan kepada Kepala Disbunak Sulteng agar melibatkan bhabinkamtibmas sebagai tenaga inseminator.

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra merangkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Sulteng Rohani Mastura beserta jajaran, Tenaga Ahli Gubernur Hamdin.

Adapun yang menjadi narasumber dari Balai Inseminasi Buatan Lembang, Ida. LAH

Komentar