Wagub Sulteng: Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Harus Cekatan Bertindak!

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 62 dan Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 105 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024 di Lapangan Halimun Kabupaten Banggai, Kamis (16/5).

Tampak hadir sejumlah kepala daerah di Sulteng seperti Bupati Banggai, Penjabat Bupati Parigi Moutong, Bupati Morowali Utara, Walikota Palu, Ketua DPRD Banggai, unsur forum koordinasi pimpinan daerah.

Hadir pula Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se Sulteng, serta mitra kerja terkait.

Wagub Ma’mun Amir mengawali sambutannya menyampaikan dia mengatakan, ketiga upacara peringatan ini merupakan wujud dari apresiasi dan penghargaan atas jasa-jasa para abdi negara, masyarakat dan pemerintah yang telah bekerja keras, rela mengorbankan dirinya untuk menjaga keamanan ketertiban di masyarakat serta melindungi dari berbagai bahaya.

Dia berharap kepada para personel dari ketiga satuan ini harus disiplin, fokus, ikhlas dan cekatan agar selalu siap bertindak dalam situasi darurat.

Dia mengajak semua stakeholder terkait untuk senantiasa menghargai serta mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh tiga instansi itu untuk memelihara keamanan ketertiban masyarakat serta dalam mencegah menanggulangi bahaya kebakaran.

“Mari jadikan peringatan ini sebagai momentum dalam meningkatkan koordinasi, pengabdian dan sinergitas diantara kita semua guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, tenteram dan sejahtera bagi masyarakat Sulawesi Tengah,” tuturnya.

Dia menegaskan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se Sulteng yang dilaksanakan 27 November 2024, diharapkan Satpol PP dan Satlinmas dapat lebih siap dan tanggap menghadapi tantangan yang mungkin ditimbulkan dari ajang kontestasi pemilihan kepala daerah serentak.

“Terus jalankan tugas-tugasnya secara konsisten dan profesional,” tuturnya.

Peringatan HUT ketiga lembaga ini juga diharapkan mampu melakukan deteksi dini, cegah potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum, serta bekerja sama, bersinergi dengan TNI/Polri.

Sementara itu kepada jajaran pemadam kebakaran dan penyelamatan, wagub mengingatkan agar menempatkan aspek pencegahan dalam penanggulangan kebakaran sebagai prioritas pertama.

“Salam Praja Wibawa dan Salam Yudha Brama Jaya. Pantang pulang sebelum padam,” katanya.

Upacara itu diawali defile pasukan dan pembacaan sejarah singkat dari tiga instansi masing-masing, pengucapan Panca Wira Satya Pol PP, Trisatya Samapta Bhakti serta Sumpah Janji Linmas. CAL

Komentar