Kadis Kelautan Sebut Sulteng Berpeluang Jadi Sentra Udang Nasional

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura diwakili Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Moh Arif Latjuba secara resmi membuka seminar nasional Budidaya Udang Efektif, Efisien, Berkelanjutan dan Berdaya Saing Global di sebuah hotel Jalan Malonda, Kota Palu, Sabtu (18/5/2024).

Seminar yang digelar Shrimp Club Indonesia (SCI), dinilai penting dengan diangkatnya teknologi terbaru dan praktik-praktik terbaik guna meningkatkan kinerja budidaya udang di Negeri Seribu Megalit.

“Melalui budidaya udang yang efektif, efisien, berkelanjutan kita dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, penguatan ketahanan pangan dan peningkatan nilai tambah ekspor udang di pasar global,” harapnya.

Sulteng kata kadis disebut berpeluang besar menjadi sentra udang nasional di masa mendatang karena ditunjang kondisi geografis dan aneka potensi alam yang melimpah.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk bekerjasama guna meningkatkan kinerja budidaya udang Sulteng dengan menerapkan pendekatan berkelanjutan.

“Dengan demikian kita dapat memastikan bahwa budidaya udang akan terus menjadi sektor andalan yang menjadi tulang punggung ekonomi dan ketahanan pangan,” sebutnya sebagai tujuan akhir yang diharapkan.

Sementara Ketua Pelaksana, Andi Tamsil menyebut antusiasme peserta sangat tinggi dalam mengikuti seminar yang baru pertama kalinya digelar SCI di Sulteng.

Tercatat seminar diikuti lebih dari 200 peserta yang hadir di tempat maupun secara virtual.

Diantara tujuan seminar ini ungkapnya, untuk menjalin kemitraan dan kerjasama yang lebih luas lagi dengan para stakeholder untuk mendukung terwujudnya budidaya udang yang efektif, efisien, berkelanjutan dan berdaya saing global.

“Kalau mau jalan cepat, maka jangan jalan bersama tapi kalau mau jalan jauh, maka kita harus jalan bersama,” ujarnya.

Di bagian lain, Ketua Umum SCI, Haris Muhtadi yang terhubung virtual ikut memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, dia berharap semoga hasil-hasil seminar mendukung terwujudnya industri udang nasional yang kondusif bagi perekonomian dengan penerapan teknologi budidaya yang handal.

“Industri udang nasional bukan hanya dimiliki penambak saja, tapi oleh kita semua,” tuturnya.

Diantara para narasumber ialah mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Sulteng yang dikenal luas sebagai pelopor budidaya udang supra intensif, Hasanuddin Atjo. CAL

Komentar