Kecelakaan Maut Presiden Iran, antara Azerbaijan dan Mossad

-Internasional, Utama-
oleh

TEHERAN– Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter pada hari Ahad (19/5/2024) membangkitkan semangat para ahli teori konspirasi Israel.

Para pakar yang mengaku tidak tahu apa-apa, serta anggota parlemen seperti penghasut Partai Likud, Tally Gotliv, berusaha berjam-jam untuk melibatkan Israel dalam kecelakaan tersebut, memberikan isyarat seolah-olah mereka adalah orang dalam yang mengetahui rahasia negara.

Menurut analis Yossi Melman dalam artikelnya di surat kabar Haaretz, Selasa (21/5/2024), siapa pun yang terlibat atau mempelajari hubungan Iran-Israel dan isu-isu strategis regional tahu bahwa hal ini hampir pasti merupakan sebuah kecelakaan; Israel tidak terlibat, apalagi ada agen yang menyabotase helikopter tersebut.

Bagaimanapun, sanksi Barat terhadap Iran, terutama embargo senjata yang juga mempersulit perolehan suku cadang, telah menyebabkan tingkat perawatan pesawat Iran dalam kondisi yang sangat buruk. Jadi Iran menderita banyak kecelakaan penerbangan.

Menurut Melman, baik pemerintah Israel maupun pejabat pertahanan tidak akan mempertimbangkan untuk membunuh seorang pemimpin nasional, bahkan pemimpin negara musuh seperti Iran.

Kecelakaan maut itu terjadi setalah Raisi mengakhiri pertemuan dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Azerbaijan adalah sekutu strategis Israel, meskipun hal itu tidak menghentikannya untuk menjaga hubungan baik dengan Republik Islam Iran. Israel adalah pemasok utama senjata ke Azerbaijan.

Aliyev sendiri mengakui pada konferensi pers pada tahun 2017, setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Baku, bahwa negaranya telah membeli senjata senilai USD5 miliar dari Israel.

Sejak itu, perdagangan terkait pertahanan antara Israel dan Azerbaijan meningkat hampir dua kali lipat.

Menurut beberapa laporan di masa lalu, Azerbaijan menjadi basis Mossad untuk beroperasi di Iran dan mengumpulkan informasi di sana.

Namun ada pengecualian. Di akhir Kampanye Sinai tahun 1956, muncul suara-suara di intelijen Israel, yang dipimpin oleh perwira intelijen senior Avraham Dar, untuk meledakkan bom truk di dekat panggung untuk menghalangi Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, yang dianggap sebagai musuh berbahaya Israel.

Tidak ada hasil dari gagasan itu. Pada tahun 1991 ada rencana serupa untuk membunuh pemimpin Irak Saddam Hussein.

Idenya adalah mengirim pasukan komando elite Sayeret Matkal ke peresmian jembatan di atas Sungai Tigris; pasukan akan membunuh sang diktator dengan rudal.

Namun selama pelatihan untuk misi di pangkalan Tze’elim di Israel selatan, tragedi terjadi ketika lima pasukan komando terbunuh oleh insiden “friendly-fire”, yakni oleh sebuah rudal yang dimaksudkan untuk mensimulasikan pembunuhan tersebut. Tujuannya saat itu adalah balas dendam setelah Saddam mengancam akan menyerang Israel dengan rudal yang membawa hulu ledak kimia.

Pada akhirnya, selama Perang Teluk di awal tahun itu, Irak “hanya” menembakkan 40 rudal Scud konvensional; tiga warga Israel tewas akibat serangan rudal dan 74 orang tewas setelah menderita serangan jantung.

Puluhan bangunan rusak di kawasan Tel Aviv dan Haifa. Satu rudal dengan hulu ledak beton, yang tampaknya menargetkan pembangkit nuklir Dimona, jatuh di tanah terbuka dekat kota Arad di dekatnya. Ini adalah pertama kalinya sejak tahun 1948 front dalam negeri Israel diserang oleh musuh, dan keinginan untuk menghukum Saddam—dengan gagasan untuk merevitalisasi pencegahan Israel—sangatlah besar.

Namun bahkan jika latihan tersebut berhasil dilakukan, masih belum dapat dipastikan bahwa Menteri Pertahanan Yitzhak Rabin dan Perdana Menteri Yitzhak Shamir akan menyetujui misi berbahaya ini.

Menurut Melman, memang benar, dari waktu ke waktu, seseorang di kalangan militer atau intelijen mempermainkan gagasan untuk merugikan pemimpin negara lain. Namun gagasan seperti itu diblokir bahkan sebelum mereka mendekati tahap diskusi.

Penerus Raisi

Melman mengatakan kematian Raisi, yang dijuluki “Jagal Teheran” oleh media-media Barat karena perannya dalam mengeksekusi puluhan ribu tahanan politik dan penentang rezim, bukanlah kerugian bagi umat manusia.

Sangat diragukan apakah ada orang di Barat yang berduka atas kematian presiden yang mempelopori garis ekstremis melawan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, khususnya Israel.

(sumber: sindonews.com)

Komentar