MAKASSAR– PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 sukses melaksanakan kegiatan Forum Humas yang dilaksanakan di Melia Hotel Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu hingga Kamis (16-17/7/2025) dengan mengusung tema “Komunikasi Responsif dan Efektif Dalam Penanganan Krisis”.
Dengan terlaksanakan Forum Humas Tahun 2025 di lingkungan Pelindo Regional 4 kali ini merupakan bagian dari upaya PT Pelabuhan Indonesia (Persero) meningkatkan kapasitas dan kompentensi Insan Pelindo di bidang kehumasan dalam membangun kepercayaan public lewat data dan media, khususnya di lingkup Pelindo Regional 4.
Pelaksanaan Forum Humas Regional 4 ini mengacu pada Peraturan Direksi Nomor: HK.01/3/10/1/KMKP/UTMA/PLND-22 tanggal 3 Oktober 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Nota Dinas Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Nomor: HM.04.03/20/5/2/KMKP/SKPR-25 tanggal 20 Mei 2025 perihal Komitmen Berita Acara Kegiatan Forum Komunikasi Tahun 2025.
Forum Humas yang dihadiri oleh seluruh General Manager Cabang Pelabuhan dan Manager yang menanggani fungsi humas, menghadirkan Narasumber yang berkompeten dibidangnya, Fristian Griec (Founder & CEO FG Media), Aditya Nuriya Sholikhah (Komisi Informasi Pusat), dan Agus Wijayanto Nugroho (Komisi Informasi DKI Jakarta) serta dari internal Pelindo Group Head Manajemen Risiko, Tata Kelola dan Kepatuhan Pelindo, Usman Saroni.
Executive Director 4 Pelindo, Abdul Azis dalam sambutan pertama mengatakan, pentingnya peran Humas untuk mengantisipasi isu.
Dia juga menyoroti pentingnya membangun jaringan dan menyampaikan pesan secara cerdas.
“Bahwa peran dari fungsi humas penting sekali karena bisa menjadi Image Maker dalam menjaga citra perusahaan serta dapat mengelola informasi secara cepat dan akurat saat menghadapi krisis, tiap cabang mempunyai tantangan berbeda tapi kita harus satu suara menjaga nama baik Pelindo,” ucapnya.
Dalam sambutan kedua oleh Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Sodikin sekaligus membuka secara resmi Forum Humas Regional 4 dalam sambutannya mengharapkan kehadiran General Manager dilingkungan Pelindo Regional 4 mampu menjadi pemimpin-pemimpin memberi solusi yang terbaik dalam hal penanganan krisis lewat komunikasi responsif dan efektif baik kepada para pelanggan, mitra, stakeholder dan media terutama dalam hal mengelola opini public.
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Arif Suhartono dalam Forum Humas Regional 4 pada hari kedua memberikan arahan kepada para general manager dan manager yang mengelola fungsi humas di cabang agar menciptakan suatu komunikasi strategis untuk menjaga reputasi dan kredibilitas perusahaan saat menghadapi dan menangani krisis.
Direktur Utama juga mengajak seluruh karyawan dan insan Pelindo untuk menjaga reputasi perusahaan.
“Setiap insan Pelindo harus menjadi duta informasi, pahami substansi agar bisa menjaga nama baik perusahaan,” tegasnya mengakhiri sambutannya.
Dalam Forum Humas Regional 4 yang berlangsung selama dua hari juga dibacakan dan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksana Fungsi Kehumasan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 dan pada akhir pelaksanaan Forum Humas juga di serahkan piagam penghargaan dari beberapa kategori kepada Cabang Pelabuhan.
Dimana untuk PT Pelindo Regional 4 Pantoloan mendapatkan Penghargaan Kategori “Cabang STO Teraktif Mengelola Konten Pada Media Sosial Regional 4” yang diterima langsung oleh General Manager. Chaerur Rijal dan Manager Keuangan SDM dan Hukum, Endang Srinengsih yang diserahkan oleh Executive Director Pelindo Regional 4, Abdul Azis. HAL














Komentar