Kerjasama Dinkes Palu, BIN Sulteng Targetkan 3.500 Dosis Vaksin per Hari

-Tak Berkategori, Utama-
oleh

PALU– Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu guna pembentukan herd immunity masyarakat melalui kegiatan vaksinasi Covid-19.

Secara umum untuk Sulteng, BIN menjalin kerja sama dengan Dinkes selama 73 hari dengan target sebanyak 3.500 dosis per hari. Sementara khusus Kota Palu sendiri ditargetkan sebanyak 400 dosis per hari.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Palu, Ilham Arsyad kepada jurnalis, Selasa (21/6/2022) membenarkan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan BIN untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Iya kerja sama vaksinasi dengan BIN ini sudah berjalan beberapa hari,” kata Ilham Aryad.

Dia mengatakan, sebelum memulai kerja sama tersebut, pihaknya di lingkungan Dinas Kesehatan, termasuk puskesmas, langsung melakukan pertemuan dan membentuk tim-tim di puskesmas sebagai vaksinator.

Untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut, lanjut dia, pihaknya melibatkan lima puskesmas, yakni Kamonji, Lere, Kawatuna, Birobuli, dan Bulili.

“Dalam pelaksanaannya, kita melibatkan pihak Puskesmas karena memang eksekusinya itu di tingkat Puskesmas yang memiliki tenaga vaksinator,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pencapaian target dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

Untuk dosis, kata dia, sasarannya mulai dari dosis satu dan dua maupun booster, dengan jenis vaksin yaitu Sinovac, Pfizer, Covovax dan Moderna.

“Sebenarnya untuk Kota Palu ini rata-rata untuk vaksin dosis dua dan tiga, karena capaian untuk dosis satu sudah sekitar 90 persen. Kita juga tidak boleh sekadar mengejar target dengan memperbanyak stok vaksin tapi tidak terkontrol, khawatirnya nanti tidak terpakai dan bisa expired atau kadaluarsa. Jadi kita memang harus menghitung betul kebutuhannya,” jelasnya.

Dia menyatakan, pihaknya juga akan berusaha mencapai target tersebut. Meski demikian, pihaknya juga tidak semata-mata mengejar taget, tapi juga akan melakukan vaksinasi secara merata dan menyeluruh, baik itu kepada anak-anak sekolah, maupun di gerai yang disediakan di Puskesmas serta terus mendorong masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Sebelumnya, BIN Daerah Sulteng juga telah melakukan kerja sama dengan Dinkes Palu dalam pelaksanaan vaksinasi.

Saat itu, BIN bekerja sama dengan empat Puskesmas, yaitu Kamonji, Lere, Sangurara dan Pantoloan. */CAL

Komentar