Operasi Zebra Tinombala 2023 Dimulai, Kapolda Sulteng: Kedepankan Sikap Humanis!

PALU– Selama 14 hari kedepan jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) menggelar operasi dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang kondusif menuju Pemilu 2024.

Operasi dengan sandi “Zebra Tinombala 2023” dimulai 4 hingga 17 September 2023 ditandai dengan pelaksanaan apel gelar pasukan di Lapangan Apel Polda Sulteng, Senin (4/9/2023).

Kapolda Sulteng, Irjen Polisi Agus Nugroho selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan yang dilaksanakan saat ini untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa kelancaran lalu lintas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian yang menunjang pembangunan nasional.

Saat ini kata dia, perkembangan transportasi telah memasuki era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone.

Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polentas agar mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

Agus Nugroho mengingatkan, dalam pelaksanaan operasi kedepankan sikap humanis seperti senyum, sapa, salam sopan dan santun dalam melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas, baik bersifat teguran maupun penilangan elektronik.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Polisi Dodi Darjanto menuturkan, pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala lebih mengedepankan tindakan preemtif, preventif serta humanis.

Selain itu, akan didukung penegakan hukum secara elektronik dengan menggunakan Etle Statis dan Mobile serta teguran guna mewujudkan terciptanya kamseltibcar dalam  dalam berlalu lintas.

Operasi Zebra Tinombala melibatkan 720 personel jajaran Polda Sulteng, anggota POM TNI dan Dinas Perhubungan dengan bertujuan untuk menekan angka pelanggaran, kecelakaan dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. CAL

Komentar