Cinta Tanah Air, FPI Poso Ajak Warga Suku Wana Kibarkan Merah Putih

foto 1
KEGIATAN tablig akbar yang dirangkaikan dengan Ikrar Syahadat Suku pedalaman Wana sebagai pemeluk agama Islam dibawah bimbingan Ketua Umum DPP FPI KH Shobri Lubis di Lapangan Sintuwu Maroso Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, POSO– Suku Wana yang berada di dalam hutan Sadame, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah merupakan salah satu suku yang sangat terasing dari perkembangan dunia.

Pada akhir tahun tepatnya 16 Desember 2017, Tim Dakwah FPI dipimpin langsung Ketua DPW FPI Poso, Ustaz Sugianto Kaimudin melakukan perjalanan dakwahnya untuk menemui warga suku tersebut.

Dengan mengirim tiga orang perwakilannya, FPI diterima baik oleh ketua adat setempat yakni Papa Niren.

Perjalanan ke lokasi yang sangat ekstrim dan penuh resiko tidak membuat FPI Poso mengurungkan niatnya untuk mengetahui suku pedalaman Wana.

Ustaz Sugianto bercerita bahwa bermula dari informasi yang disampaikan sahabat-sahabat Hidayatullah bersama pos dainya saat melakukan dakwah di Baturube, bahwa ada kampung Watu Marando yang ternyata berada di wilayah Tojo Unauna, dimana warganya belum punya agama dan masih belum mengenal negara Indonesia dan bendera merah putih. Kemudian Allah SWT beri kekuatan menuju ke lokasi.

foto 2“Kami sangat sedih bahwa bangsa yang begitu besar ini masih ada penduduknya yang tidak tahu ada Negara Indonesia. Begitu banyak orang kaya raya tapi tidak bisa membantu dengan apapun. Mereka (warga Suku Wana) hidup susah di hutan belantara, bertahan dengan nyamuk, berteman dengan binatang buas, dengan rumah-rumah yang sederhana,” katanya.

“Disana kami kibarkan Sang Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka senang, mereka bahagia, dan kepala sukunya langsung angkat tangan dan mengatakan kami siap di-Islam-kan, Allahu Akbar, kemudian Alhamdulillah selama tiga hari datanglah mereka dalam jumlah cukup banyak 91 orang dan sebagian sudah disyahadatkan,” tuturnya.

Pada Ahad (4/2/2018) sekira pukul 14.30 Wita bertempat di Lapangan Sintuwu Maroso Poso Kota, Kabupaten Poso telah dilaksanakan kegiatan tablig akbar yang dirangkaikan dengan Ikrar Syahadat Suku pedalaman Wana sebagai pemeluk agama Islam dibawah bimbingan Ketua Umum DPP FPI KH Shobri Lubis.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Poso T Samsuri serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Poso.

FPI Poso juga memberi bantuan untuk mendirikan bangunan rumah-rumah warga serta pendopo disana. Selain itu juga mendirikan masjid untuk warga suku Wana yang telah masuk Islam untuk salat berjamaah. Al Habib Rizieq Shihab memberikan nama kampung itu kampung Hidayah Sadame, dan kemudian masjidnya di beri nama Masjid Jami Hidayah. CAL

Komentar