Kota Palu Digoyang Gempa 4,7 SR

SultengTerkini.Com, PALU– Wilayah Kota Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik, Jumat (6/10/2017) pukul 17:23 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Silli mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan 4,7 Skala Richter.

Ia mengatakan, lokasi pusat gempa berada di darat, 48 kilometer arah utara Palu pada koordinat 0.47 LS-119.89 BT kedalaman 20 kilometer.

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas Sesar Tambu,” katanya.

Menurutnya, guncangan gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempa bumi) BMKG atau setara IV MMI di Tibo (Kabupaten Donggala), dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG / II-III MMI) di Palu.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, Petrus mengimbau kepada masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. CAL

Komentar